Jakarta (ANTARA News) - Menjelang pernikahan pangeran William dengan Kate Middleton pada Jumat (29/4), perhatian media terhadap acara itu meningkat dan masyarakat di seluruh dunia mulai melakukan pencarian dan berita di media online untuk terus mendapat informasi terbaru mengenai "Kate-William".

Dalam siaran pers yang diterima Kamis (28/4), Norton mengingatkan kepada mereka yang akan mengikuti acara pernikahan dan memberi ucapan selamat secara online bahwa acara global ini akan menarik perhatian para penjahat cyber yang akan memanfaatkan meningkatnya aktivitas online ini.

Sejak bulan Maret lalu, para peneliti keamanan Norton telah mulai melacak berbagai macam aktivitas online berbahaya seperti spam yang dirancang untuk mencuri informasi pribadi dan link-link ke situs-situs berbahaya yang bersembunyi dalam hasil-hasil pencarian dengan mesin pencari.

Berdasarkan pengamatan Norton, kata-kata pencarian yang sudah diracuni antara lain: "Royal wedding gown sketches", "Royal wedding guest list 2011", "Royal wedding time", "William and Kate movie cast", "Prince Charles last name", "Royal wedding official merchandise", dan "Royal wedding".

Norton memberi tips bagi anda yang ingin terus mengikuti berita pernikahan kerajaan Inggris dengan aman.

1. Berpikirlah sebelum anda mengklik. Waspadalah terhadap email atau link yang menjanjikan "bocoran" rekaman, menawarkan gambar-gambar "skandal", atau mengaku memiliki informasi "rahasia". Penjahat cyber mengambil keuntungan dari judul berita sensasional dan mengejutkan guna mendorong anda untuk mengklik link-link yang dapat menginfeksi komputer anda.

2. Berpeganglah pada sesuatu yang anda ketahui, karena setiap situs manapun berpotensi memiliki resiko, sebaiknya hindari mengklik situs yang belum pernah anda dengar yang muncul dari hasil pencarian anda. Tetaplah berpegang pada situs resmi pernikahan kerajaan tersebut ataulangsung membuka situs berita terkemuka untuk mendapatkan berita dan video terbaru tentang pernikahan itu.

3. Lindungi komputer Anda- Gunakan software keamanan terpercaya dalam komputer Anda untuk memblokir berbagai ancaman dan pastikan anda membuatnya tetap up-to-date. Gunakan Norton Safe Web Lite dan Norton Safe Web for Facebook, tool gratis yang dapat diunduh untuk mengidentifikasi situs-situs berisiko sebelum pengguna mengkliknya dalam hasil-hasil pencarian dan juga pada berita di Facebook mereka.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011