Surabaya (ANTARA News) - Bingkisan dari Ibu Negara, Ani Yudhoyono, untuk anak-anak Lebanon telah dibagikan oleh Seksi Civilian Military Coordination (CIMIC) dari Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda (Konga) XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (INDOBATT).

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Selasa, melaporkan bingkisan yang dibagikan itu berupa mainan anak-anak dan buku untuk melengkapi smart car (mobil pintar).

"Penyaluran bantuan Ibu Negara itu dilaksanakan melalui program smart car (mobil pintar) yang digelar di municipality (kantor pemerintahan daerah) Dier Siriene yang merupakan area operasi Kompi Charlie pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), 2 Mei," katanya.

Acara yang diikuti 35 peserta anak-anak berumur 5-10 tahun tersebut berlangsung dengan penuh suasana keakraban, menghibur, dan menambah keceriaan.

"Dalam kegiatan smart car itu juga digelar lomba menggambar dan mewarnai," kata Mayor Sus Harianto didampingi Pa Project CIMIC Kapten Kal Turadhi kepada Papen INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo.

Selain itu juga diadakan lomba permainan anak-anak seperti kecepatan memasukkan benang ke dalam botol, lari dengan membawa kelereng di atas sendok dengan menggunakan mulut, serta kerja sama menari dengan menghimpit buah apel di dahi tanpa jatuh.

Kepada para pemenang lomba, INDOBATT memberikan bingkisan hadiah berupa mainan mobil-mobilan, boneka dan mainan perlengkapan medis untuk anak-anak yang merupakan sumbangan Ibu Ani Yudhoyono, sedangkan peserta lainnya diberi perlengkapan sekolah berupa buku.

"Kegiatan itu terlaksana berkat kerja sama antara Cimic INDOBATT Mayor Harianto dengan Danki Charlie Kapten Mar Budi Wijani, Pasi CIMIC Kompi Charlie Lettu Mar Arismoko serta Mayor (Kepala Pemerintahan Daerah) Dier Siriene, Wafik Kareem," katanya.

Sementara itu, Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa didampingi Wadan Letkol Mar Harnoko menjelaskan "smart car" dilaksanakan sebagai sarana kontak INDOBATT dengan masyarakat sekitar AOR (Area Of Responsibility).

"Kegiatan semacam ini secara psikologis sangat membantu mengembalikan keceriaan anak-anak Lebanon dari trauma akibat konflik yang berkepanjangan," ujarnya.

Dalam waktu yang sama (2/5), satu peleton Prajurit Satgas Yonmek Konga XXIII-E/Unifil (Indobatt) terlibat dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Sektor Timur Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) di Markas Sektor Timur Unifil, Marjayoun, Lebanon Selatan.

Sertijab Komandan Sektor Timur Unifil dari pejabat lama Brigjen Teodoro Banos Alonso kepada pejabat baru Brigjen Miguel Alcaniz Comas itu melibatkan Batalyon di wilayah Sektor Timur Unifil yaitu Batalyon Spanyol, Batalyon India, Batalyon Indonesia, Batalyon Nepal, dan Kontingen Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/Unifil (Indobatt) Letkol Inf Hendy Antariksa memberikan cenderamata kepada Brigjen Teodoro Banos Alonso berupa foto Brigjen Teodoro Banos Alonso saat mengunjungi Markas Indobatt.
(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011