London (ANTARA News) - Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris untuk yang ke-19 kalinya pada Sabtu ketika tendangan penalti Wayne Rooney membawa klub itu meraih hasil imbang 1-1 dengan Blackburn Rovers dan juga satu poin yang dibutuhkan untuk menjuarai Liga Premier Inggris.

Para pendukung United sempat harus menahan nafas karena mereka harus terlebih dahulu tertinggal 0-1 pada menit ke-20 ketika Brett Emerton berhasil menyarangkan sebuah gol ke gawang United.

Tapi kemudian sebuah hadiah penalti pada menit ke-73 berhasil dimaksimalkan oleh Rooney untuk membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 dan memastikan gelar berada di tim "Setan Merah".

Hadiah penalti diberikan setelah wasit Phil Dowd sempat berkonsultasi dengan hakim garis berkaitan dengan tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh kiper Blackburn Paul Robinson dengan cara yang sepertinya melanggar Javier Hernandez yang terlihat terkapar.

Meski para pemain Blackburn sempat terlihat memprotes pemberian penalti itu, Rooney yang menjadi eksekutor dapat mengecoh Robinson yang melangkah ke arah yang salah dan membawa United memenangi gelar ke-12 mereka sejak Liga Premier Inggris dimulai pada 1992-93.

Hasil itu juga membuat United secara keseluruhan telah memenangi Liga Inggris sebanyak 19 kali memecahkan rekor sebelumnya yang telah mereka pegang bersama Liverpool selama dua musim.

United saat ini telah mengoleksi 77 poin dari 37 pertandingan, sementara saingan terdekatnya Chelsea baru memperoleh 70 poin meski masih memiliki dua pertandingan lagi untuk dimainkan.

Untuk pertama kalinya semenjak 1951 dua pertandingan divisi teratas di Inggris dimainkan pada hari yang sama dengan final Piala FA yang mempertemukan Manchester City dan Stoke City di Stadion Wembley.
(H-OKS/I015)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011