Semarang (ANTARA News) - Jumlah penumpang kereta api dari Stasiun Tawang, Semarang, pada puncak libur panjang, Selasa malam mencapai 5.000 orang lebih, atau meningkat sekitar 30 persen dari hari biasa.

"Kami menambah satu hingga dua gerbong dari Stasiun Tawang Semarang untuk tujuan Jakarta," kata Kepala Humas PT KA Daop IV Semarang Sapto Hartoyo di Semarang, Selasa malam.

Sapto mengatakan lonjakan jumlah penumpang dari Semarang terjadi pada Selasa malam, setelah Senin (16/5) jumlah penumpang dari Daop IV Semarang sekitar 4.000 orang.

Ia mengatakan jumlah penumpang sebanyak itu adalah mereka yang berangkat dari Stasiun Tawang atau merupakan arus balik pada libur panjang terkait Hari Raya Waisak.

"Kalau kedatangan penumpang di Stasiun Tawang puncaknya pada Jumat (13/5) lalu," katanya.

Sapto menambahkan untuk meningkatkan pengamanan, pihaknya memaksimalkan jumlah petugas keamanan, selain dari polisi khusus (polsus).

"Pengamanan kami maksimalkan dan sampai sekarang tidak ada laporan terjadi tindakan kriminal," kata Sapto.

Kereta api yang berangkat dari Stasiun Tawang yaitu KA Senja Utama dan KA Fajar Utama. Sedangkan KA yang melalui Stasiun Tawang seperti KA Argo Anggrek, KA Argo Muria, KA Gumarang, dan KA Sembrani, yang seluruhnya berangkat dariStasiun Pasar Turi, Surabaya.(*)

(U.N008/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011