Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id.
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, menyediakan tempat duduk sebanyak 13.910 dengan mengoperasikan empat perjalanan KA selama libur panjang peringatan Kenaikan Isa Al Masih bersamaan dengan cuti bersama dan akhir pekan.

"Dari empat perjalanan KA jarak jauh berkapasitas 13.910 tempat duduk yang disediakan Daop Madiun tersebut, telah terjual sebanyak 13.127 kursi atau 94 persen selama libur akhir pekan panjang tersebut," ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo, di Madiun, Rabu.

Menurut dia, empat perjalanan KA jarak jauh yang disediakan Daop 7 Madiun tersebut adalah KA Singasari, KA Bangunkarta, KA Brantas, dan KA Kahuripan.

KAI siap mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi KA dalam melakukan mobilitas dan aktivitas selama libur panjang tersebut. Yakni, mengotimalkan rangkaian dengan menambah kereta tambahan yang dirangkaikan pada KA Singasari dan KA Bangunkarta masing masing sebanyak 1 kereta eksekutif dengan kapasitas 50 tempat duduk.

"Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket dapat melakukan pemesanan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan daring resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket 'go show' mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," katanya.

Melihat kondisi tiket yang telah terjual hingga 94 persen selama libur akhir pekan panjang tersebut, menandakan masyarakat banyak memilih kereta api sebagai moda transportasi perjalanan jarak jauh.

Hal itu karena transportasi kereta api dinilai memiliki beberapa keunggulan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti faktor keselamatan pelanggan, keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, hingga mengurangi kemacetan, dan potensi kecelakaan di jalan raya.

KAI mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA, agar segera melakukan pemesanan tiket KA sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

Namun apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur "connecting train" yang tersedia pada aplikasi Access by KAI yang memudahkan pelanggan.
Baca juga: KAI Madiun catat 425.089 orang gunakan KA selama angkutan Lebaran 2024
Baca juga: INKA selesaikan 11 rangkaian kereta generasi baru pesanan KAI

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024