Hal ini menunjukkan bahwa kereta api telah dipilih sebagai salah satu moda transportasi pilihan masyarakat pada masa angkutan lebaran kali ini
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun memprediksi puncak arus balik berlangsung pada H+3 Lebaran 2024, atau pada hari Minggu.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo di Madiun Minggu mengatakan, pada Minggu hingga pukul 09.00 WIB tercatat sudah terdapat sebanyak 12.631 orang pengguna jasa yang telah memiliki tiket keberangkatan dari sejumlah stasiun di wilayah Daop Madiun, dan masih akan terus bertambah hingga tengah malam nanti.

"PT KAI Daop 7 Madiun memperkirakan jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah Daop 7 mencapai puncak arus balik pada hari Minggu ini. Hal ini didasarkan pada data penjualan tiket yang kami ambil pada pukul 09.00 tadi pagi," kata Kuswardojo.

Stasiun Madiun, sebagai stasiun terbesar dan tersibuk di wilayah Daop 7 Madiun, diproyeksikan akan mengalami arus balik yang cukup tinggi. Dari data Minggu pagi, sebanyak 4.307 penumpang berangkat dari Stasiun Madiun, sedangkan 3.590 penumpang akan tiba atau turun.

Kemudian, Stasiun Kediri dengan jumlah penumpang berangkat atau naik sebanyak 1.160 orang dan turun 1.250 orang. Stasiun Jombang jumlah penumpang naik 1.129 orang dan turun 936 orang.

Stasiun Kertosono, jumlah penumpang berangkat atau naik sebanyak 807 orang dan turun 822 orang. Lalu, Stasiun Tulungagung naik sebanyak 1.055 orang dan turun 848 orang, serta Stasiun Blitar, penumpang naik 977 orang dan turun 990 orang.

Kuswardojo menambahkan, berdasarkan data volume penumpang naik serta turun dari tanggal 31 Maret hingga 14 April, di Daop 7 Madiun telah terlayani sebanyak 118.748 penumpang berangkat dan 159.974 penumpang tiba.

Dari data ini, lanjut Kuswardojo, jelas terlihat bahwa volume penumpang yang naik di stasiun-stasiun utama wilayah Daop 7 Madiun cukup tinggi.

"Angka ini mencerminkan tingginya permintaan akan layanan kereta api di wilayah kami selama periode liburan lebaran ini," katanya.

Dalam menghadapi lonjakan jumlah penumpang, KAI Daop 7 Madiun telah menambah layanan dan memperkuat sistem keamanan serta pengawasan. KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa transportasi kereta api.

"Hal ini menunjukkan bahwa kereta api telah dipilih sebagai salah satu moda transportasi pilihan masyarakat pada masa angkutan lebaran kali ini," katanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024