Terima kasih kepada semua stakeholder di Pelabuhan Belawan dengan terlaksananya program ini.
Medan (ANTARA) - Pemberangkatan gratis sebanyak 719 penumpang menuju ke Batam dengan kapal PT Pelni (Persero) KM Kelud mewarnai puncak arus balik masa Angkutan Lebaran 2024 dari Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis.

"Terima kasih kepada semua stakeholder di Pelabuhan Belawan dengan terlaksananya program ini," ujar Komisaris Independen PT Pelni (Persero) Kristia Budyarto saat melepas para penumpang gratis, di Pelabuhan Belawan, Medan, Kamis.

Kristia, yang kedatangannya ke Medan didampingi Direktur Armada dan Teknik PT Pelni (Persero) Robert Sinaga, menegaskan bahwa pelaksanaan perjalanan gratis dan pelayanan arus balik Lebaran 2024 merupakan bentuk tanggung jawab Pelni yang diberi mandat oleh pemerintah sebagai operator angkutan laut Indonesia.

Oleh karena itu, dia memastikan bahwa PT Pelni memberikan upaya optimal demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang. "Kami memberikan pelayanan maksimal," kata Kristia.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana menyatakan, Kamis (18/4), menjadi puncak arus balik dari Pelabuhan Belawan lantaran pada hari itu sebanyak 3.741 penumpang berangkat ke Batam dengan KM Kelud, termasuk mereka yang berlayar dengan program cuma-cuma.

Adapun 3.741 penumpang merupakan kapasitas penumpang maksimal yang dapat dibawa KM Kelud sepanjang masa angkutan laut Lebaran, yakni pada 26 Maret-26 April 2024 sesuai dispensasi dari Kementerian Perhubungan.

Pada masa normal, kapasitas terbanyak KM Kelud adalah 2.607 penumpang.

Namun, meski padat, Biwa menegaskan bahwa Pelni Medan tetap memberikan servis terbaik seperti biasanya.

"Setiap penumpang tetap mendapatkan tempat yang layak di KM Kelud," kata dia lagi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Belawan Rivolindo memaparkan bahwa perjalanan gratis dari Belawan ke Batam merupakan bentuk kepedulian pemerintah untuk masyarakat.

"Perhatian pemerintah cukup luar biasa. Semoga langkah ini bermanfaat untuk masyarakat yang baru merayakan Hari Raya Idul Fitri," ujar dia pula.
Baca juga: Pelni Medan: Lebih dari 84 persen kuota tiket gratis arus balik terisi
Baca juga: Pelni Medan: 17.887 penumpang turun di Belawan pada arus mudik Lebaran


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024