Penyesuaian itu hanya untuk sekali perjalanan saja. Setelahnya, semua normal kembali
Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Medan menyatakan, jadwal ketibaan KM Kelud di Pelabuhan Belawan pada awal Februari 2024 disesuaikan dengan Kongres XVI GP Ansor yang dilaksanakan di kapal buatan Jerman tersebut.

  "Penyesuaian itu hanya untuk sekali perjalanan saja. Setelahnya, semua normal kembali," ujar Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana di Medan, Selasa.

  Biwa melanjutkan, menyusul agenda GP Ansor, KM Kelud akan sampai di Pelabuhan Belawan pada Selasa, 6 Februari 2024 pukul 17.00 WIB.

  Kapal tersebut kemudian berangkat dari Belawan pada Rabu, 7 Februari 2024, pukul 10.00 WIB.

  "Normalnya, KM Kelud tiba di Pelabuhan Belawan setiap Senin lalu berlayar pada Selasa," kata Biwa.

  Dia melanjutkan, pergantian jadwal itu disosialisasikan kepada pelanggan oleh Pelni Medan melalui media sosial.

  Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) akan menyelenggarakan Kongres XVI dengan mengusung tema "GP Ansor: Peta Jalan Nahdlatul Ulama (NU) Masa Depan" di atas KM Kelud pada Jumat (2/2). Acara itu akan diikuti oleh 1.700 kader GP Ansor.

  Kongres tersebut dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Selanjutnya, KM Kelud itu akan bergerak menempuh perjalanan menuju Tanjung Emas, Semarang.

  Berdasarkan data pelayaran PT Pelni, KM Kelud yang ditumpangi GP Ansor akan sampai di Pelabuhan Tanjung Emas pada Sabtu (3/2) pukul 00.01 WIB.

  Karena Semarang bukanlah rute reguler KM Kelud, kapal tersebut nantinya langsung kembali ke Tanjung Priok, Jakarta, pada Sabtu (3/2) pukul 06.00 WIB.

  KM Kelud lalu dijadwalkan berlabuh di Tanjung Priok pada Sabtu (3/2) pukul 20.00 WIB. Keesokan harinya, KM Kelud menjalani operasional normal dengan bertolak ke Batam pukul 04.00 WIB.

Baca juga: Pelni Medan: Rute baru KM Kelud pada 2024 tak lewati Kijang

Baca juga: Pelni Medan targetkan bawa 450 kargo kontainer dari Belawan 2024

Baca juga: Pelni Medan optimalkan layanan demi target 120 ribu penumpang 2024


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024