Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meluncurkan bursa tenaga kerja internasional bidang kelautan dan perikanan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

"Saya sangat gembira ini akan menjadi anual even, setiap tahun, dengan mengucapkan bismillah saya resmikan peluncuran bursa tenaga kerja internasional bidang kelautan dan perikanan," kata Wapres saat memberikan sambutannya.

Bursa tenaga kerja internasional bidang kelautan dan perikanan ini merupakan pertama kalinya di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad saat sambutan dalam acara peluncuran tersebut mengatakan, peluncuran bursa tenaga kerja ini sekaligus meresmikan acara ini menjadi even tahunan.

Sebelumnya pameran bursa tenaga kerja internasional kelautan dan perikanan baru saja diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 23-25 Mei 2011.

Dalam bursa tersebut, setidaknya terdapat 68 perusahaan berskala nasional dan internasional diantaranya berasal dari Jepang, Korea, Taiwan dan Spanyol. Total pekerjaan yang disediakan mencapai lebih dari 10 ribu lowongan.

Sementara itu selain meluncurkan bursa tenaga kerja, Wapres juga menyaksikan penadatanaganan kerjasama antara Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Pendidikan dalam pembukaan kantor pusat informasi bersama terkait berbagai hal mengenai lowongan pekerjaan di bidang kelautan dan perikanan.

Wapres mengapresiasi inisiatif ini dan menilai dengan adanya sinergi antar kementerian dan membuat link and match antara dunia kerja dan perguruan tinggi ini akan mendorong peningkatan SDM.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011