Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham menegaskan partainya tidak pernah menginstruksikan kadernya atau memiliki kebijakan mencari dana dengan memainkan anggaran.

"Sejak Ketua Umum M Jusuf Kalla dan dilanjutkan Aburizal Bakrie, dipertegas bahwa jangan sekali-kali menjadikan anggaran sebagai upaya untuk mengumpulkan dana bagi partai," kata Idrus Marham di Jakarta, Jumat.

Dia meminta siapa pun yang memiliki bukti kuat mengenai keterlibatan kader Partai Golkar dalam permainan anggaran agar segera dilaporkan ke partai itu.

Sebelumnya, muncul pemberitaan banyak kader partai yang bermain dalam penentuan anggaran demi mengumpulkan dana bagi partainya.

Idrus menjamin tidak ada instruksi atau kebijakan dan arahan dari partai untuk memainkan anggaran.

"Kalau ada yang terlibat dalam permainan itu silakan dilaporkan, pasti ketua umum akan mengambil tindakan dengan tegas," kata Idrus.

Mengenai usul peneliti LSI Burhanudin Muhtadi agar parpol memiliki bahan usaha sendiri untuk membiayai kegiatan partainya agar tidak memainkan anggaran negara, Idrus menyatakan hal itu menjadi salah satu solusi yang patut dipikirkan.

"Dulu kita sudah membahas kemungkinan partai memiliki Badan Usaha Milik Partai (BUMP), mungkin itu bisa jadi salah satu solusi," katanya.(*)

J004/A041

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011