Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan tinggi gelombang di perairan Lebak, Banten, selam dua hari ke depan mencapai 1,6 meter dengan tiupan angin rata-rata enam knot atau 12 kilometer per jam.

Analisis cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdanakusuma, Sabtu, mengatakan diprakirakan tinggi gelombang perairan Kabupaten Lebak berkisar 0,6-1,6 meter dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Gelombang bergerak dari arah barat laut dan tiupan angin dari arah barat daya dengan kecepatan antara tiga sampai enam knot.

Cuaca perairan Lebak berpelung berawan sejak pagi hingga sore hari.

Sedangkan, suhu udara pada siang hari berkisar 23-32 derajat Celcius dengan kelembaban antara 6 sampai 95 persen.

Menurut dia, selama ini cuaca pesisir pantai Kabupaten Lebak meliputi Binuangeun, Cihara, Penyaungan, Bayah, Sawarna, Pulomanuk, Bagedur relatif normal.

Sebab tingggi gelombang 1,6 meter dan tiupan angin rata-rata enam knot.

"Saya menjamin beberapa hari ke depan perairan Lebak aman dan tidak membahayakan bagi nelayan maupun Kapal Tongkang," ujarnya.

Sementara itu, tinggi gelombang perairan Selat Sunda bagian utara berkisar 0,6-1,4 meter dengan tiupan angin rata-rata enam knot dan bergerak dari arah timur laut.

Dengan begitu, saat ini pelayaran Kapal Ro-Ro dan Kapal Cepat melayani penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal.

"Saya kira cuaca perairan Selat Sunda atau Banten bagian utara tidak membahayakan bagi pelayaran," ujarnya. (MSR/P004/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011