Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra finalis India Terbuka Super Series Angga Pratama/Ryan Agung Saputra kandas di babak kualifikasi Singapura Terbuka Super Series setelah kalah oleh pasangan Malaysia Goh Wei Shen/Lim Khim Wah 17-21, 18-21.

Pada pertandingan yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Singapura, Selasa, Angga/Ryan yang menjadi unggulan ketiga pada kualifikasi turnamen berhadiah 200.000 dolar AS tersebut bermain cukup ketat pada game pertama dengan selisih poin terbesar hanya empat angka.

Namun pada game kedua, mereka sempat tertinggal jauh saat kedudukan 10-18 meskipun akhirnya dapat memperpendek jarak angka walaupun tetap tidak mampu mengejar.

Empat ganda putra asal Indonesia lainnya juga gagal mencapai babak utama, di antaranya pasangan Pelatnas Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan yang dikalahkan pasangan China Hong Wei/Shen Ye 10-21, 15-21.

"Pada game pertama mungkin kalah karena kami belum terbiasa dengan bola (shuttlecock) yang (merk-nya) berbeda dengan yang biasa kami gunakan, sedangkan lawan sudah terbiasa," kata Rendy yang dihubungi usai pertandingan.

"Game keduanya kalah tekanan sama mereka. Mereka tekanannya lebih keras, sehingga kami tidak berani bermain bola-bola panjang dan telat terus, jadi cenderung bermain bertahan," tambahnya.

"Sebenarnya kelas kami mungkin imbang, asal berani nekad, cuma tadi kami kurang berani," katanya seraya menambahkan akan segera pulang ke Tanah Air untuk mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Terbuka Super Series Premier yang berlangsung pekan depan.

Sisanya mereka, ganda putra yang juga kandas adalah pasangan senior mantan pemain Pelatnas, Luluk Hadiyanto/Imam Sodikin, Joko Riyadi/Yoga Ukikasah dan Nova Widianto/Yonathan Suryatama.

Luluk/Imam menyerah kepada pasangan Taiwan Liao Min Chun/Wu Chun Wei, Joko/Yoga kalah oleh ganda putra Malaysia yang lebih dulu menyisihkan Angga/Ryan, Goh Wei Shem/Lim Khim Wah 13-21, 17-21.

Adapun Nova/Yonathan yang baru pertama kali berduet tidak mampu mengatasi permainan pasangan Denmark Rasmus Bonde/Anders Kristiansen sehingga kalah 13-21, 17-21.

"Belum tahu ke depannya bagaimana, saya hanya berpasangan dengan Yoke (nama panggilan Yonathan) di Singapura," kata Nova saat ditanya apakah akan terus berpasangan dengan Yonathan selain dengan Vita Marissa pada ganda campuran.

Ia memastikan tidak berduet dengan Yonathan pada Indonesia Terbuka Super Series Premier yang akan berlangsung pekan depan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.(*)
(T.F005/I015) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011