Washington (ANTARA News) - Bank Dunia Kamis mengatakan, pihaknya tidak memiliki rencana untuk bergabung dengan penyelamatan internasional Yunani, menolak saran kepala bank sentral Meksiko dan calon untuk jabatan tertinggi di Dana Moneter International.

Menanggapi pertanyaan tentang komentar Agustin Carstens itu, seorang juru bicara Bank Dunia mengatakan kepada AFP: "Pinjaman terakhir kami ke Yunani adalah lebih dari 30 tahun yang lalu. Kami tidak punya rencana melanjutkan pinjaman."

Yunani diklasifikasikan di antara "negara berpendapatan tinggi" oleh pemberi pinjaman pembangunan berbasis di Washington dan secara efektif diharapkan untuk membiayai Bank Dunia, bukan meminjam dari pihaknya.

Tapi tidak mencegah bank dari membantu negara berpenghasilan tinggi. Pada November 2008, misalnya, berpartisipasi dalam sebuah bailout internasional Hungaria, juga dianggap dalam jajaran kaya.

Carstens, yang berlomba untuk memimpin IMF dalam persaingan yang akan diputuskan bulan ini, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal pada Kamis bahwa ia ingin melihat bank, lembaga saudara IMF, bergabung dalam penyelamatan Yunani.

"Saya tidak tahu mengapa Bank Dunia tidak berpartisipasi di Yunani sekarang. Bank Dunia dapat memberikan dukungan untuk reformasi sektoral. Itu bisa mengurangi beberapa biaya penyesuaian program," katanya. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011