Minahasa (ANTARA News) - Penampilan Tari Cakalele Tomohon, mewarnai penjemputan Komandan Kodim 1302/ Minahasa baru dan pelepasan pejabat lama di Tondano, Sulawesi Utara, Selasa.

Pantauan ANTARA, saat Komandan Kodim (Dandim) Minahasa, Letkol Inf Theo Kawatu bersama istri akan memasuki markas Kodim Minahasa, dijemput dengan Tarian Cakalele tersebut.

Penjemputan itu dilakukan sekitar 100 meter dari Markas Kodim, kemudian Letkol Inf Theo Kawatu bersama istri berjalan kaki mengikuti tarian cakalele yang berada di depan.

Samping kiri kanan ruas jalan, berjejer para prajurit dan ibu-ibu Persit yang menyambut kedatangan pejabat baru itu.

Setelah sampai di Markas Kodim, kemudian giliran pejabat lama Letkol Arm Herman Waulangkou bersama isteri keluar diiringi Tarian Cakalele tersebut.

Setelah berada diluar markas, pejabat lama Letkol Arm Herman Watulangkou bersama istri kemudian dinaikkan ke kereta yang ditarik oleh dua prajurit.

Selanjutnya, Letkol Arm Herman Watulangkou menaiki kendaraan untuk kembali ke Manado.

Kegiatan penjemputan dan pelepasan itu dilakukan usai acara pisah sambut yang dihadiri para pejabat di daerah itu antara lain Wakil Bupati Minahasa Yantje Sajouw, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan CH Kairupan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli.

Letkol Arm Herman Watulangkou mengatakan, selama dua tahun empat bulan bertugas sebagai Dandim 1302 Minahasa, mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

"Dengan dukungan ini, pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata Watulangkou.

Wilayah Kodim 1302/ Minahasa mencakup tiga kabupaten dan satu kota masing-masing Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kota Tomohon.

Dia mengatakan, saat ini Kodim Minahasa menjadi terbaik dari seluruh Kodim yang ada di Kodam Wirabuana.

"Keberhasilan ini dicapai berkat dukungan semua pihak," kata Watulangkou yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Korem 131 Santiago.

Dandim Minahasa Letkol Inf Theo Kawatu mengatakan, akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan pejabat lama.

"Apa yang sudah dicapai selama ini akan terus ditingkatkan," kata Kawatu.

Wakil Bupati Minahasa, Jantje Sajouw mengatakan, mengucapkan terima kasih atas karya yang telah dilakukan Letkol Arm Herman Watulangkou sehingga kondisi keamanan di Minahasa tetap kondusif.

"Kepada Letkol Inf Teho Kawatu, selamat datang dan bertugas di Minahasa," kata Sajouw.  (J009/A034/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011