Majunya sebuah daerah dan sejahteranya masyarakat dimulai dari gampong, karenanya pembangunan di gampong harus menjadi prioritas di masa mendatang.
Banda Aceh  (ANTARA News) - Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar meminta agar pimpinan daerah bupati/walikota di provinsi tersebut mengunjungi gampong (desa) pedalaman dimasing-masing daerah.

"Kunjungan pimpinan daerah ke gampong-gampong pedalaman akan mampu meningkatkan pembangunan berbagai infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat setempat," katanya, di Aceh Timur, Jumat.

Ia menyampaikan hal tersebut disela-sela melakukan kunjungan kerja ke sejumlah gampong pedalaman di Kabupaten Aceh Timur seperti Paya Biak Kecamatan Perlak Barat dan Lokop Kecamatan Serbajadi.

Gampong Lukop merupakan satu dari 17 gampong di Kecamatan Serbajadi yang memiliki jarak sekitar 100 kilometer dari ibu kota kabupaten Idi Rayeuk.

Menurut dia, keaktifan seorang pimpinan daerah dalam memantau dan mengawasi pembangunan diseluruh daerahnya dan gampong pedalaman khususnya akan mampu mempercepat berbagai pembangunan infrastruktur dasar seperti sarana jalan, jembatan, irigasi dan sarana kesehatan.

"Majunya sebuah daerah dan sejahteranya masyarakat dimulai dari gampong, karenanya pembangunan di gampong harus menjadi prioritas di masa mendatang," katanya.

Karena itu, ia mengajak semua pimpinan daerah dapat fokus dan lebih aktif untuk membangun seluruh gampong yang ada didalam wilayah pemerintahannya, sehingga berbagai kebutuhan dapat terpenuhi dan dinikmati langsung oleh seluruh masyarakat.

"Pemerintah Aceh berkomitmen untuk membangun provinsi ini yang berbasis dari gampong melalui Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG) sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

Pihaknya optimistis upaya pembangunan di provinsi paling ujung barat Indonesia itu akan berjalan maksimal jika pembangunan berbagai infrastruktur di gampong telah terpenuhi.

(KR-IFL)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011