Sabtu, 2 Agustus 2014

Kemacetan Pantura Brebes Hambat Pengiriman Barang

Selasa, 19 Juli 2011 14:52 WIB | 1.784 Views
Kemacetan Pantura Brebes Hambat Pengiriman Barang
Sejumlah kendaraan terjebak macet saat akan melintasi jembatan kali Pemali di jalur Pantura, Brebes, Jateng, Senin (18/7). (FOTO ANTARA/Oky Lukmansyah )
Brebes (ANTARA News) - Kemacetan di jalur Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sejak 3,5 bulan lalu akibat proyek perbaikan tiga jembatan menghambat pengiriman berbagai macam barang kebutuhan, baik pangan, sandang, ataupun barang lainnya ke tempat tujuan.

Menurut sejumlah pengemudi angkutan barang di Brebes, Selasa, antrean panjang kendaraan yang terjadi di jalur utama Jakarta-Semarang tersebut biasanya terjadi mulai dari depan Pasar Brebes hingga sebelah barat Jembatan Pakijangan atau sekitar belasan kilometer, sehingga arus kendaraan tersendat terutama angkutan berat tidak bisa bergerak.

Tohirin (43) pengemudi truk bermuatan sayur mengatakan, untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman barang dari Cirebon menuju Pasar Buah dan Sayur Pemalang, maka harus berangkat lebih awal agar tidak terlambat sampai ke tempat tujuan, karena sejak ada proyek perbaikan Jembatan Pemali, Pakijangan, dan Balaikambang dipastikan akan terjebak macet satu-dua jam di Pantura Brebes.

"Biasanya dhuhur saya sampai ke Pemalang, tetapi sejak ada proyek perbaikan jembatan sampai di pasar sekitar jam 13.00 WIB-15.00 WIB, sehingga pemasokan buah ke pedagang menjadi terlambat, untungnya buah dan sayur yang saya bawa baru panen dari kebun, sehingga masih segar, kalau hasil panen kemarin sampai di tempat tujuan pasti sudah layu," katanya.

Keluhan sama juga diungkapkan Taryono (36), "Padahal dari Jakarta saya berangkat dua jam lebih awal agar tidak terlambat sampai Pekalongan, tetapi karena macetnya panjang dan tidak bisa mengambil jalur lain karena jalan alternatif di wilayah Brebes tertutup untuk truk barang, akhirnya sampai tempat tujuan tetap terlambat bahkan toko sudah tutup."

Saeful (40), pengemudi truk bermuatan ayam potong tersebut juga mengeluhkan lambannya proyek perbaikan tiga jembatan di Pantura Brebes, sebab akibat kemacetan di jalur padat arus lalu lintas tersebut ayam-ayam yang diangkutnya terlambat sampai tujuan.

Selain para pengemudi angkutan barang, kemacetan tersebut juga membuat para penumpang angkutan umum, terutama penumpang antarkota dalam provinsi menjadi tidak nyaman di dalam bus selama lebih dari satu jam akibat kendaraan harus antre saat memasuki proyek tiga jembatan.i.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Losari-Pejagan-Brebes Bina Marga Jawa Tengah, Fathoni Jalaluddin, sebelumnya mengatakan perbaikan tiga jembatan di jalur pantura tersebut telah akan selesai pada awal Agustus mendatang.

"Sesuai kontrak, pengerjaan tiga jembatan di Brebes tersebut selesai pada Agustus 2011, namun karena kami percepat pengerjaannya maka sekitar akhir Juli sudah dapat dilalui kendaraan," kata Fathoni.

Proses pengerjaan tiga jembatan tersebut, kata dia, belum pernah ada perbaikan sejak tahun 1970, sehingga dengan anggaran dana sebesar Rp5 miliar dari APBN, ketiga jembatan yang semula berlantai beton akan diganti mengunakan material baja.

"Jika permukaan aspal dilapisi baja, maka lantai jembatan akan lebih kuat serta usia jembatan akan lebih lama dibanding dengan lantai berlapis beton," katanya.

(ANT-281)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga