Surabaya (ANTARA News) - Kejutan mewarnai hari pertama turnamen "Victor Indonesia International Challenge 2011" di GOR Sudirman Surabaya, Selasa malam, ketika empat pebulu tangkis unggulan sudah harus tersingkir pada babak awal.

Pebulu tangkis unggulan kedua tunggal putri asal Belgia, Tan Lianne, harus pulang lebih awal setelah kalah dari pemain tuan rumah Riski Amelia Pradipta, dalam laga tiga set yang berakhir 14-21, 21-16, 21-12.

Berikutnya unggulan ketiga, Ana Rovita, juga gagal melangkah ke babak berikutnya setelah dijegal pebulu tangkis asal Korea Selatan, Kim Soo Jin, dengan dua set langsung 15-21, 9-21.

Sementara di bagian putra, Matthieu Lo Ying Ping asal Prancis yang menjadi unggulan ketiga di turnamen berhadiah 15 ribu dolar AS ini, harus mengalami nasib serupa.

Menghadapi pemain nonunggulan Thammasin Sitthikom asal Thailand, Matthieu menyerah dalam permainan tiga set dengan skor 18-21, 21-15, 16-21.

Sedangkan mantan penghuni Pelatnas Pratama, Andre Kurniawan Tedjono, yang menempati unggulan keenam, gagal mengatasi hadangan Ihsan Maulana Mustofa dan kalah 20-22, 18-21.

"Saya bermain lepas saja dan berusaha tidak banyak membuat kesalahan. Andre pemain yang bagus dan pukulan-pukulannya cukup menyulitkan," kata Ihsan usai pertandingan selama 40 menit itu.

Pada partai tunggal putra lainnya, unggulan teratas Tommy Sugiarto belum menemui perlawanan dan memastikan lolos ke babak berikutnya dengan kemenangan telak 21-10, 21-5 atas Marico Harda (Indonesia).

Salah satu harapan India, Anup Sridhar, yang diunggulkan di posisi kedelapan, juga melaju mulus setelah menghempaskan pemain Jepang, Watanabe Tatsuya, dengan skor 21-14, 21-5.

Sementara finalis tunggal putri tahun lalu, Bellatrix Manuputty, lolos tanpa mengeluarkan keringat karena lawannya Yasmin Cury (Brazil) tidak datang ke lapangan.(*)
(T.D010/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011