Makassar (ANTARA News) - Sejumlah panitia lokal (Panlok) Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 berkumpul di Kuta Bali, 27-29 Juli 2011 membahas pelaksanaan kegiatan yang baru saja usai Juni silam.

Pembahasan mencakup pelaksanaan bidang Kehumasan, Information and Technology (IT), dan Keuangan SNMPTN 2011 dari seluruh Panlok di Indonesia, kata Kepala Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dahlan Abubakar melalui telepon selular Bali-Makassar, Rabu.

Khusus di Bidang Kehumasan, dibagi ke dalam tiga kelompok yakni Koordinator Wilayah I, II, dan II digabung dengan IV,

Di kelompok Bidang Kehumasan berkembang rekomendasi ke Panitia Pusat SNMPTN agar pelaksanaan sosialisasi SNMPTN disampaikan lebih awal, sehingga tidak berdekatan dengan pelaksanaan SNMPTN. Usul lain adalah kendala IT yang dihadapi beberapa daerah, terutama di wilayah Indonesia Bagian Timur, seperti Maluku, dan Papua serta Kalimantan.

Para peserta rapat Bidang Kehumasan juga mengharapkan agar bank mitra SNMPTN mendatang dapat juga bermitra dengan beberapa bank lain yang memiliki akses hingga ke kabupaten, kecamatan, bahkan desa.

Menyangkut pemanfaatan IT, peserta rapat juga mengusulkan agar dapat dipertimbangkan pelaksanaan pendaftaran off line (manual), terutama di daerah-daerah terpencil.

"Seperti di Maluku, internet baru dinikmati orang-orang di Kota Ambon dan Tual saja," kata Josep Pagaya dari Universitas Pattimura Ambon.

Rapat Evaluasi Pelaksanaan SNMPTN 2011 tiga bidang ini dilaksanakan secara paralel dan Rabu malam diakhiri dengan rapat pleno. Bidang Kehumasan dipimpin Kordinator Bidang Prof Dr Sunarpi (Rektor Unram), Koordinator Bidang Keuangan Prof Rochmat Wahab (Rektor UNY), dan Koordinator Bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Prof Tri Yogi (Rektor ITS).

Dari Makassar, ikut dalam rapat evaluasi itu delegasi Unhas terdiri atas Wakil Rektor Dr Andi Wardihan Sinrang, Kepala Biro Akademik Betty E. Duma, M.Ed, Kepala Humas Unhas M. Dahlan Abubakar, dan Alimuddin serta Aliem dari IT. Universitas Negeri Makassar (UNM) juga mengirim tiga orang peserta.(*)
(T.KR-HK/F003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011