Gunung Kidul, (ANTARA News) - Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Festival Nuzulul Quran untuk mengisi kegiatan Ramadhan 1432 Hijriah.

Ketua Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Gunung Kidul, Antok, di Wonosari, Minggu, mengatakan, festival itu akan digelar pada 14 Agustus di masjid setempat.

Panitia, katanya, menargetkan sebanyak 2.000 peserta yang merupakan siswa jenjang TK hingga SMA berasal dari berbagai kecamatan di Gunung Kidul.

Ia mengatakan, jumlah peserta belum termasuk pendamping atau orang tua siswa yang mencapai 2.000 orang.

"Pada tahun ini kuota peserta kami tambah, yakni dari 1.500 siswa pada 2010 menjadi 2.000 peserta karena minat masyarakat cukup tinggi," katanya.

Ia mengatakan, pada hari pertama pendaftaran jumlah peserta yang telah mendaftar sekitar 100 siswa berasal dari berbagai kecamatan terdekat.

Ia menjelaskan, festival itu menggelar 26 lomba, antara lain hafalan Al Quran, membuat majalah dinding Ramadhan, tanfidz 30 juz, dan lomba shalat jenazah.

Ia mengatakan, Festival Nuzulul Quran yang rutin digelar setiap tahun memperebutkan piagam bupati, ketua DPRD Gunung Kidul dan takmir Masjid Agung Al Ikhlas.

"Dalam Festival ini Bupati Badingah dijadwalkan hadir untuk memberikan piagam penghargaan," katanya.

Penghargaan itu, katanya, akan diberikan pada puncak acara Nuzulul Quran yakni 20 Agustus 2011 bersamaan dengan pengajian akbar.

Ia mengatakan, peserta yang ingin mendaftarkan diri bisa menghubungi sekretariat panitia pada 7-10 Agustus 2011.

Peserta, katanya, membayar uang pendaftaran sebesar Rp3.000 untuk perorangan dan Rp5.000 untuk peserta beregu.

Ia mengharapkan, kegiatan itu mampu mendorong siswa terus belajar menghafal dan memahami Al Quran.

Selain Festival Nuzulul Quran, panitia kegiatan Ramadhan juga menggelar berbagai kegiatan seperti taman pengajian Al Quran, buka puasa bersama, bedah buku, kajian Ramadhan, pengumpulan zakat fitrah, dan lomba mewarnai.

Ia mengatakan, pada tahun depan panitia akan berupaya menambah berbagai jenis kegiatan Ramadhan agar lebih beragam dan menarik.(*)
(ANT-293/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011