Lisbon (ANTARA News/Reuters) - Atletico Madrid setuju untuk mengontrak striker Kolumbia Radamel Falcao dari Porto, dengan merogoh kocek sebesar 40 juta euro (57,26 juta dolar AS) untuk alih statusnya.

Ikatan kerja sama itu tinggal menunggu hasil pemeriksaan medis serta masalah pribadi dengan klub, demikian diumumkan juara Portugal itu dalam pernyataan yang dikeluarkan Kamis.

Klub juga menyatakan, bayaran pemain itu bisa melonjak hingga 47 juta euro tergantung dari beberapa kondisi pemain itu.

Porto juga menyatakan bahwa Atletico sudah setuju membeli pemain tengah Portugal Ruben Micael seharga lima juta euro.

Falcao (25) mencetak 38 gol musim lalu ketika menolong timnya meraih tiga gelar, Liga Utama, Piala Portugal serta Liga Eropa.

Ia juga memegang rekor pencetak gol dalam kompetisi klub UEFA dengan 17 gol pada pertandingan Liga Eropa.

Rekor sebelumnya di tangah pemain kondang dari Jerman Juergen Klinsmann yang menyarangkan 15 gol ketika Bayern Munich mengangkat Piala UEFA pada 1996 UEFA Cup.

Falcao mencetak 73 gol dalam 84 pertandingan untuk Porto setelah bergabung dengan klub itu pada Juli 2009, dari klub Argentina, River Plate, dengan bayarang 5,5 juta euro.

Striker itu, yang bulan lalu memperpanjang kontraknya dengan Porto hingga 2015, sudah memenangi 31 laga internasional (cap) untuk negaranya dan mencetak sembilan gol internasional termasuk dua gol ketika menolong Kolombia maju ke perempat final Copa America, Juli lalu.

Atletico menjual pemain depan asal Argentina Sergio Aguero kepada Manchester City Juli lalu dan harganya seperti dilaporkan media Inggris, mencapai 45 juta euro.

Michael (24) bergabung dengan Porto pada Januari 2010 dari klub saingan domesti mereka, Nacional Madeira.

Ia merupakan pemain regular dalam tim Portugal asuhan Paulo Bento setelah mencetak dua gol dalam debutnya pada laga persahabatan melawan Finlandia, Maret lalu. (SYS)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011