Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis nasional Sony Dwi Kuncoro gagal mencapai perempat final Vietnam Terbuka Grand Prix, setelah kalah dari ungguan kedua asal Jepang Sho Sasaki.

Pada pertandingan yang digelar di Ho Chi Minh City, Kamis, Sony menyerah dua game langsung 15-21, 10-21 kepada Sasaki pada babak 16 besar.

Kekalahan tersebut merupakan kekalahan pertama dari tiga pertemuan Sony dengan pebulu tangkis Jepang itu setelah pada dua pertemuan sebelumnya, di Piala Thomas dan Taiwan Grand Prix Gold 2010 dimenangi Sony.

Gagalnya Sony ke babak delapan besar membuat Indonesia hanya mempunyai satu wakil tunggal putra pada perempat final turnamen berhadiah 50.000 dolar AS tersebut yakni Alamsyah Yunus.

Alamsyah yang menjadi unggulan keempat itu berhasil mencapai delapan besar setelah mengantungi kemenangan atas Wei Nan dari Hong Kong pada babak 16 besar.

Ia akan memperebutkan satu tempat pada semifinal dengan unggulan kelima Ajay Jayaram dari India yang menyisihkan pebulu tangkis Korea Yim Jong Woo dengan kemenangan 21-8, 21-15.

Tunggal putri Pelatnas, Aprilia Yuswandari juga harus pulang sebelum mencapai delapan besar setelah dikalahkan Sindhu PV dari India dengan skor 18-21, 19-21.

Pada nomor ganda, dua pasangan yakni ganda campuran Riky Widianto/Shendy Puspa Irawati dan ganda putra Angga Pratama/Ryan Agung Saputra berhasil mencapai delapan besar.

Riky /Anggun maju memastikan diri mencapai delapan besar setelah mengalahkan unggulan kedua Chayut Triyachart/Yao Lei dari Singapura 12-21, 21-13, 21-18 sedangkan Angga/Ryan menyisihkan lawan asal China Terry Yeo/Liu Yi 21-16, 21-17. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011