Kairo (ANTARA News) - Para menteri luar negeri Liga Arab mendesak Suriah untuk menghentikan pertumpahan darah dan menyetujui pengiriman komite pencari fakta ke negara itu, demikian laporan stasiun TV Mesir seperti dikutip Xinhua.

"Kami sangat ingin melindungi persatuan Suriah, mencegah campur tangan asing, menghentikan pertumpahan darah dan aksi kekerasan, selain penarikan militer dari semua kota besar Suriah secepatnya," kata Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Hamad bin Jasim bin Jabir ath-Thani, yang memimpin pertemuan Liga Arab mengenai situasi di Suriah.

"Saya berharap dari lubuk hati terdalam saya bahwa dialog akan dilancarkan guna mencapai keinginan rakyat Suriah," tambahnya.

Dewan Liga Arab menyatakan situasi di Suriah masih sangat serius dan mesti ada perubahan cepat guna menghentikan pertumpahan darah.

Dewan Liga Arab tersebut memutuskan untuk mengirim satu delegasi pejabat senior dari sekretariat Liga Arab sebagai komite pencari fakta ke Suriah setelah kerusuhan berhenti.(*)

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011