Jakarta (ANTARA News) - Partai SRI (Serikat rakyat Independen ) optimistis bahwa partai itu akan menjadi partai politik yang terdaftar secara resmi dengan mengusung tokoh yang dinilainya memiliki integritas dan bersih yaitu Sri Mulyani Indrawati.

"Kami sadar parpol adalah salah satu alat untuk perubahan dan kami optimis partai ini akan resmi menjadi parpol yang mengusung warga independen dan pemimpin independen," kata ketua umum partai SRI Damianus Taufan dalam pidato politiknya di kantor Dewan Pimpinan 

Partai yang dideklarasikan pada tanggal 2 mei 2011 dan berlambangkan sapu lidi itu menurut Damianus akan mengisi ruang publik dengan etika politik yang bekerja dengan ide sebagai produsen demokrasi  dan bukan konsumen demokrasi.

"Kami menyebutnya sebagai rakyat independen dan rakyat itulah yang memiliki partai independen," ujarnya

Ia mengutarakan bahwa orang boleh mengartikan sapu lidi sesuai dengan keinginannya  tetapi di mata kami partai ini memiliki makna pembersih dimana upaya bersih-bersih itu harus dimulai dari atas.
 
Karena korupsi menyebabkan rakyat hampir tidak bisa membedakan antara partai satu dengan yang lain yaitu partai yang benar- benar berdemokrasi.

Partai SRI menaruh kepercayaan pada masyarakat, akademisi tapi kita sepenuhnya percaya pada tokoh-tokoh yang punya integritas, masyarakat rindukan kejujuran, kejuruan bisa memisahkan mana kepentingan publik dan pribadi.

"Dan partai SRI berkehendak selanjutnya untuk kepemimpinan Indonesia pada orang yang bersih yaitu Sri Mulyani Indrawati." tuturnya

"Yang penting adalah bagaimana partai bisa melahirkan kader- kader yang baik dan figur bu Sri Mulyani itu juga bisa mendatangkan banyak dukungan,figur itu penting dalam sistem presidensial, mana mungkin dalam sistem itu tidak ada figur," katanya. (ANT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011