Saya memastikan bahwa pasukan kami telah berada di dalam Sirte..."
Tripoli (ANTARA News) - Pasukan penguasa baru Libya telah berada di dalam kota Sirte yang merupakan kampung halaman Gaddafi.

"Thwar (gerilyawan) Misrata tiba di Jembatan Al-Gharbiyat di dalam Sirte," kata Dewan Militer Misrata dalam  pernyataan.

Juru bicara konvoi pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC), yang berangkat dari Misrata pada Kamis pagi, mengkonfirmasi bahwa pasukan pro-NTC telah memasuki Sirte.

"Saya memastikan bahwa pasukan kami telah berada di dalam Sirte, itu pasukan besar," kata juru bicara itu Fathi Bashaga kepada AFP.

Sehari sebelumnya, Rabu, Gaddafi meminta masyarakat internasional membantu kampung halamannya, Sirte, yang dikepung oleh pasukan yang setia pada pemerintah baru Libya, dalam sebuah pesan yang disiarkan televisi.

Negara-negara yang telah mengakui NTC sebagai perwakilan sah rakyat Libya antara lain China, Rusia, Mesir, Chad, Turki, Uni Emirat Arab (UAE), Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Gambia, Italia, Yordania, Malta, Qatar, Senegal, Spanyol dan AS.

Gaddafi (68) adalah pemimpin terlama di dunia Arab dan telah berkuasa selama empat dasawarsa. Gaddafi bersikeras akan tetap berkuasa meski ia ditentang banyak pihak.
(M014)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011