Sofia (ANTARA News/Reuters) - Posisi pelatih Lothar Matthaeus di tim nasional Bulgaria akan segera berakhir setelah kedua pihak sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak pelatih asal Jerman itu, demikian menurut keterangan Persatuan Sepakbola Bulgaria (BFU), Senin (Selasa WIB).

"Kontrak Matthaeus tidak akan diperpanjang. Tim nasional Bulgaria mendapat hasil buruk dibawah kepemimpinannya dan ada persengketaan antara dia dengan para pemain," ujar Presiden BFU Borislav Mihaylov.

Matthaeus pada September 2010 menjadi pelatih asing pertama Bulgaria sejak 1966 dan meraih sedikit sukses dengan timnas yang telah keluar dari klasemen final kejuaraan Euro 2012.

"Dia sering tinggal di luar Bulgaria dan mungkin hal itu mempengaruhi persiapan dan hasil permainan timnas," kata Mihaylov.

Matthaeus (50) telah menandatangani kontrak satu tahun dengan pilihan untuk melatih dua tahun lagi setelah dia menggantikan Stanimir Stoilov.

Matthaeus hanya mampu membawa Bulgaria meraih tiga kemenangan -dua diantaranya pertandingan persahabatan- dalam 11 pertandingan pada 2010.

Pada kualifikasi Euro 2012 Bulgaria kalah di kandang oleh pemimpin grup G Inggris 0-3 dan juga dikalahkan oleh Swiss 1-3 pada awal September. Hal itu membuat Bulgaria berada di urutan ke empat dan gagal melaju ke putaran final.

Poling dalam jaringan kepada lebih dari 32 ribu penggemar sepakbola membuktikan bahwa popularitas Matthaeus menurun dengan 87 persen responden mengatakan tidak percaya terhadap kinerjanya.

Pada Agustus, Matthaeus, yang pernah menjadi kapten Jerman Barat memenangi Piala Dunia 1990 dan memegang rekor 150 kali menjadi pemain tim nasional, setuju untuk memperpanjang kontraknya hingga 2013 namun penolakan terhadap dirinya meningkat tajam pada beberapa pekan terakhir.

BFU mengatakan pelatih tim U-21 Bulgaria Mihail Madanski akan mengambilalih posisi Matthaeus hingga penggantinya ditetapkan.

Madanski yang akan melatih timnas untuk pertandingan persahabatan melawan Ukraina pada 7 Oktober dan kualifikasi final Euro 2012 melawan Wales pada 11 Oktober mengatakan akan menggunakan kesempatan itu untuk menyiapkan tim.

"Saya pikir itu waktu yang tepat untuk membuat persiapan total kepada tim," kata Madanski.

Madanski mengatakan Matthaeus adalah pelatih yang baik dan hebat namun dia tidak menyadari kondisi persepakbolaan Bulgaria.

"Saya harap tidak ada perbincangan mengenai minuman dan hiburan ketika saya melatih. Akan sangat baik jika membicarakan sepakbola," kata Madanski.

Madanski mengatakan Valeri Bojinov, penyerang Sporting Lisbon, dan Stanislav Manolev, pemain belakang PSV Eindhoven, yang bertikai dengan Matthaeus akan diikutsertakan ke dalam timnas kembali.

(Uu.SDP-12/A032)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011