Banda Aceh (ANTARA News) - Kalangan ulama Aceh menyerukan pemimpin negara-negara Arab agar bersatu mendukung bangsa Palestina untuk mewujudkan sebuah negara merdeka.

"Palestina harus merdeka dan negara-negara Arab khususnya umat muslim dunia wajib mendukung serta membiayai pembangunan Palestina," kata Sekjen Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk Faisal Aly di Banda Aceh, Senin.

Hal itu disampaikan menanggapi upaya Presiden Palestina Mahmud Abbas hari Jumat menyerahkan permohonan bersejarah kepada Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon untuk meminta badan dunia itu mengakui negara Palestina sebagai anggota penuh.

Tgk Faisal Aly yang juga Ketua PWNU Aceh itu menyesalkan sikap Amerika Serikat yang menolak permohonan berdirinya negara Palestina dan itu sebuah pengkhianatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

"Saya melihat Amerika Serikat dan sekutunya negara-negara Eropa itu tidak bisa dipercaya terhadap janji-janjinya untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah," katanya menegaskan.

Ia mengecam rencana Amerika Serikat untuk memveto kemerdekaan Palestina.

"Presiden Barack Obama telah berbohong karena sebelumnya pernah mengatakan akan berusaha memperbaiki hubungan dengan negara-negara muslim," kata dia menambahkan.

Faisal Aly juga meminta pemimpin negara-negara Arab agar tidak mempercayai janji dan kebijakan-kebijakan Amerika Serikat dan sekutunya terkait bangsa Palestina.

"Kami mengutuk semua pemimpin yang tidak menyetujui berdirinya negara Palestina. Semua presiden Amerika tidak ada yang bisa dipercayai dan kedamaian dunia di Timur Tengah hanya sebuah kebohongan," kata dia.

Tgk Faisal menilai bahwa Presiden Barack Obama itu sosok pemimpin yang tidak menghargai nilai-nilai kemanusian meski upaya pencitraan kerap dilakukannya selama ini.
(T.A042/H011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011