Diperkirakan bisa mencapai 100 lebih
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membuka layanan jemput bola pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta lahir ataupun mengganti data kartu keluarga di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), Kelurahan Meruya Utara, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

"Sudah lumayan banyak yang datang. Diperkirakan bisa mencapai 100 orang lebih," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat Rosyik Muhammad, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Rosyik mengatakan, pelayanan ini merupakan bagian dari program Pemkot Jakbar untuk memenuhi kebutuhan data dan surat penting warganya.

Tercatat hingga Kamis siang, 50 orang mengajukan pembuatan akta lahir, 60 mengajukan pembuatan dan perbaikan KTP dan empat orang mengajukan pembuatan akta kematian.

"Bahkan kami melayani warga yang hanya ingin konsultasi saja. Jadi, belum membawa dokumen yang diperlukan," kata dia.

Baca juga: Jaksel jemput bola layani administrasi kependudukan

Tidak hanya di Meruya Utara, pihaknya juga menggelar kegiatan yang sama di Tanjung Duren Utara.

Semua itu dilakukan guna mendukung program Pemkot memenuhi kebutuhan data dan surat penting warganya.

Rosyik melanjutkan, pihaknya juga akan menyasar ke beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat agar para siswa yang berusia 16 menuju 17 bisa membuat KTP dengan praktis.

Warga juga bisa memantau jadwal pelayanan jemput bola yang digelar Sudin Dukcapil Jakarta Barat melalui akun Instagram @dukcapiljakbar.

Dengan pelayanan jemput bola tersebut, Rosyik berharap warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melengkapi data identitas diri dan memperbaiki surat-surat penting yang rusak.

Baca juga: Kemendagri jemput bola ganti dokumen kependudukan korban banjir
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022