Soreang (ANTARA News) - Persib Bandung mengawali langkahnya di Liga Prima Indonesia 2011-2012 dengan hanya hasil imbang 1-1 ketika menjamu Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu.

Meski kurang puas dengan penampilan anak asuhnya, pelatih Persib Drago Mamic menyatakan hasil seri merupakan yang terbaik bagi kedua tim yang sama-sama malakoni laga perdana.

Hanya saja, dirinya mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit Retu Selamet yang kurang profesional sehingga Persib terpaksa bermain dengan hanya 10 pemain.

"Semen Padang tim bagus. Bagi Persib sendiri, pertandingan ini merupakan tes pertama. Saya tidak sepakat dengan ulah Zulkifli, hanya saja seharusnya wasit bisa mengerti dengan alasan Zulkifli melakukan itu karena dilanggar sebelumnya oleh pemain Semen Padang," kata Drago Mamic kepada wartawan.

Sementara pelatih Semen Padang, Nilmaizar, mengatakah bahwa pertandingan melawan Persib merupakan laga berat karena melawan tim yang bermaterikan pemain nasional.

"Saya bangga dengan perjuangan yang dilakukan oleh para pemain. Pertandingan pertama pasti akan terasa cukup sulit. Kita harapkan kedepannya, pemain bisa mendapatkan hasil yang lebih baik," ujarnya.

Jalannya pertandingan di babak pertama, kedua tim sama-sama gagal menunjukkan performa terbaiknya. Keduanya sama-sama kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Di menit awal pemain Persib banyak melakukan kesalahan terutama pemain depan dan tengah yang gagal mengasilkan umpan-umpan baik. Pada menit ke-3 Maman Abdurahman terpaksa menerima kartu kuning setelah melanggar Esteban Vizcara.

Baru pada menit 9 Persib mendapatkan hadiah tendangan bebas setelah Toni Sucipto dilanggar. Tendangan bebas yang dieksekusi Miljan Radovic nyaris membuahkan gol, tipis di luar mistar gawang yang dijaga Samsidar. Mulai menit 12 Persib berani mengembangkan permainan sehingga beberapa kali mengobrak-abrik pertahanan Semen Padang.

Namun, pada 10 menit menjelang akhir babak pertama, justru gawang Maung Bandung yang mendapatkan ancaman dari Kebau Sirah melalui sepakan Elly Aiboy. Beruntung bola menyentuh kaki salah seorang pemain bertahan Persib sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Pada babak kedua, tim Semen Padang melakukan pergantian pemain, Suhaeri Daud ditarik dan digantikan striker muda Ferdinand Sinaga. Di menit 53 Persib menggempur beruntun dari kedua sayapnya, tapi tidak juga menghasilkan gol.

Pada menit ke-69, Persib justru kehilangan Zulkifli Syukur yang harus keluar setelah menyikut Esteban Vizcara. Bermain dengan 10 pemain, Persib kebobolan pada menit 72 melalui gol Mustofa Aji--yang menggantikan Elly Aiboy--dari luar kotak pinalti.

Baru di menit 75, Persib mendapatkan kesempatan membalas gol setelah Radovic dijatuhkan di kotak penalti Semen Padang. Radovic yang menjadi algojo sukses melaksanakan tugasnya sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Persib pun melakukan penggantian pemain, Airlangga Sucipto masuk menggantikan Atep dan Hendra Ridwan menggantikan Wildansyah. Meski begitu, hingga pertandingan berakhir skor tetap 1-1.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011