Jakarta (ANTARA News) - Belasan artis dan atlet bersama-sama mendukung gerakan massa "Ayo! Indonesia Bisa" menjadi tuan rumah yang baik dan juara umum SEA Games ke-26 2011 yang akan diselenggarakan pada 11 November 2011 di Jakarta dan Palembang.

Para artis yang datang pada peresmian gerakan "Ayo! Indonesia Bisa" di Jakarta, Minggu sore, antara lain Syahrini, Rafi Ahmad, Pinkan Mambo, Ahmad Dani, Mulan Jameela, Nikita Willy, Uya Kuya, Oki Lukman, Helmi Yahya, Donna Agnesia, Wanda Hamidah, Ira Wibowo, dan lain-lain.

"Suatu kehormatan SEA Games digelar di Indonesia, tapi kok saya lihat kurang hebohnya. Saya sebagai wanita muda mau beri support. Alhamdulillah ya, Indonesia pasti akan jadi sesuatu," kata Syahrini.

Sedangkan Helmi Yahya, mengatakan, lepas dari kontroversi menjelang Sea Games, pesta olah raga ini merupakan pertaruhan bangsa, karena itu semua pihak harus mendukung untuk menjadikan Sea Games ini menjadi yang terbesar dalam sejarah.

Sedangkan para atlet yang hadir antara lain pebasket Denny Sumargo, Dwi Handoko, petenis Yayuk Basuki, atlet lari Dedeh Irawati, atlet berkuda Alvaro dan lain-lain.

Sementara itu, Rahmat Gobel selaku Ketua Harian Indonesia Sea Games Organizing Committee (Inasoc) mengatakan, bersukur di tengah keprihatinan atas minimnya kesiapan Sea Games masih ada yang memotivasi kepada para atlet untuk tetap semangat berlaga.

Rahmat juga mengatakan, sejak 23 Oktober api obor telah diarak dari Desa Merapen ke beberapa kota antara lain, Semarang, Makassar, Samarinda hingga pembukaan Sea Games di Jakarta dan Palembang pada 11 November 2011.

Sejarah mencatat bahwa sejak pertama kali Sea Games yang melibatkan negara-negara di Asia Tenggara itu dilaksanakan, Indonesia telah menjadi tuan rumah sebanyak tiga kali yakni pada 1979, 1987 dan 1997, dan di ketiga tahun penyelenggaraan ini Indonesia selalu menjadi juara umum.

Namun secara keseluruhan sejak pertama kali Sea Games digelar, Indonesia pernah menjadi juara umum Sea Games sebanyak sembilan kali.

"Saat ini sebanyak 12 ribu atlet sudah mendukung Sea Games. Kita ingin melengkapi gelar juara umum dengan menjadi juara umum yang ke-10 kali, agar seluruh rakyat Indonesia dukung," tambah Rahmat.

(D009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011