Sejumlah pemimpin Arab telah mulai menawari tempat perlindungan yang aman dalam upaya untuk mendorong dia (Bashar al-Assad) untuk pergi dengan damai dan cepat,"
Washington (ANTARA News) - Para pemimpin Arab secara pribadi memberitahu Amerika Serikat bahwa mereka telah menawari Presiden Suriah Bashar al-Assad "tempat perlindungan yang aman" dalam upaya untuk meyakinkan dia untuk mundur, kata seorang pejabat penting AS, Rabu.

"Hampir semua pemimpin Arab mengatakan hal yang sama: pemerintahan Bashar sudah akan berakhir. Perubahan di Suriah sekarang tak dapat dihindarkan," kata Pembantu Menlu AS untuk Urusan Timur Dekat Jeffrey Feltman pada Komisi Hubungan Luar Negeri Senat.

"Sejumlah pemimpin Arab telah mulai menawari tempat perlindungan yang aman dalam upaya untuk mendorong dia (Bashar al-Assad) untuk pergi dengan damai dan cepat," kata Feltman pada dengar pendapat mengenai kebijakan AS terhadap kekacauan berdarah di Suriah.

Tindakan keras mematikan oleh Bashar terhadap demonstrasi yang meletus pertengahan Maret lalu, menurut PBB, telah menyebabkan lebih dari 3.500 orang tewas, dan menambah kemarahan internasional pada rezim di Damaskus.

Suriah, pekan lalu menandatangani rencana perdamaian Liga Arab yang meminta diakhirinya kekerasan. Berdasarkan rencana itu, Damaskus juga harus membebaskan orang-orang yang ditahan karena melakukan demonstrasi, dan menarik semua pasukan Suriah dari kota-kota besar.
(C003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011