Roma (ANTARA News) - Pelatih AC Milan Massimiliano Allegri terpukau dengan penampilan Juventus yang masih belum terkalahkan di awal musim ini.

Allegri pun percaya kalau klub berjuluk Nyonya Tua tersebut layak memuncaki klasemen sementara.

Milan dapat mengambil tampuk pimpinan klasemen untuk sementara, jika mereka menang dalam partai tandang melawan Genoa pada Jumat malam.

Sedangkan Juventus, yang pada dua musim terakhir hanya mampu mengakhiri musim dengan duduk di peringkat ketujuh, dapat mengambil alih kembali posisi puncak klasemen, jika mereka menang saat menjamu tim zona degradasi, Cesena, pada Minggu.

"Juve layak berada di puncak, sebab hanya merekalah tim yang belum terkalahkan di liga dan pada Selasa mereka menyajikan pertunjukan kekuatannya," kata Allegri, mengacu pada kemampuan Juventus mengejar ketinggalan dan mengakhiri laga kontra Napoli dengan skor imbang 3-3.

"Dari tertinggal 1-3, mereka mampu menyelamatkan pertandingan yang terlihat sebagai kekalahan."

"Tim (Antonio) Conte merupakan penantang dalam mengejar gelar juara, posisi mereka sejak awal dan saat ini telah memperkuat teori tersebut."

Bagaimanapun, sejak memulai musim dengan sulit di mana Milan hanya meraih satu kemenangan dan kalah pada dua pertandingan - termasuk dari Juventus - dari lima pertandingan pembuka, mereka kini telah kembali ke bentuk permainan terbaiknya.

"Kami berada dalam jalur yang bagus dengan enam kemenangan dan satu kali imbang. Juve berada selangkah di depan tapi kami mampu mengejar (selisih) empat poin sejak libur internasional," tutur Allegri.

"Perjalanan masih panjang. Kami harus bermain bagus untuk meneruskan langkah kami menuai hasil."

Allegri akan menghadapi tugas berat di Genoa, di mana Milan hanya pernah menang satu kali sejak 1982 - meskipun Genoa lebih banyak menghabiskan setengah dari periode tersebut dengan berkompetisi di Serie B.

"Genoa tidak memiliki rasa iba di kandang dan lebih dari itu mereka sedang melalui masa-masa sulit setelah kekalahan dari Cesena," paparnya.

"Melawan tim (Alberto) Malesani tidaklah mudah, sebab mereka menggabungkan organisasi (permainan) dan teknik yang bagus."

Tuan rumah tidak akan diperkuat Rodrigo Palacio, yang masih terkena hukuman larangan bertanding, namun Allegri tidak merasa kalau hal tersebut akan mengurangi kekuatan Genoa.

"Itu merupakan kehilangan (pemain) yang penting, tetapi tim yang berada dalam kesulitan biasanya menemukan kekuatan untuk memberikan yang terbaik."

"Genoa akan bermain dengan serangan baik, dan mereka mematikan (saat melakukan serangan balik) sebab mereka memiliki fans mengagumkan yang mendukung mereka."

"Kami akan bermain dengan intensitas dan kami memerlukan kejahatan sepak bola untuk memenangi pertandingan," kata Allegri dikutip AFP.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011