Medan (ANTARA News) - PSMS Medan akan menurunkan empat pemain asing dan lokal menghadapi lawannya Mitra Kukar FC pada laga kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim tahun 2011-2012 di Stadion Teladan Medan, Minggu (4/12).

Pelatih PSMS Raja Isa dalam temu pers di Medan, Sabtu, mengatakan, pemain luar yang diturunkan itu adalah Ikpefua Osas M Saha (Nigeria), Luis Alejandro Pena (Chile), Sasa Zecevic (Serbia) dan Inkyun Oh (Korea).

Pemain asing tersebut, menurut dia, memang dipersiapkan untuk memperkuat barisan pertahanan PSMS dalam pertandingan lawan Mitra Kukar.

"Jadi, kita menurunkan pemain luar negeri itu, untuk bisa mengalahkan Mitra Kukar.Target kita bisa meraih angka dalam pertandingan yang diadakan di Medan ini," kata Raja Isa.

Dia mengatakan, dalam menghadapi tim tamu itu, PSMS memiliki tehnik dan strategi khusus untuk bisa membobol gawang Mitra Kukar itu. Disinilah peranan pemain asing tersebut bisa menunjukkan kemampuan mereka menumbangkan Mitra Kukar asal Kota Kutai Kartanegara itu.

"Peranan keempa pemain asing itu, sangat diharapkan untuk bisa memetik kemenangan menghadapi Mitra Kukar.Ini juga sebagai penilaian bagi pemain asing itu untuk melihat kemampuan mereka," ujar Raja Isa.

Selanjutnya dia menjelaskan, pemain asing itu dikontrak adalah untuk bisa memajukan dan meningkatkan prestasi PSMS.Jadi pemain asing itu diharapkan bisa tampil lebih baik dari pemain lokal.

"Ini adalah merupakan harapan kita untuk bisa menaikkan prestasi PSMS.Apalagi PSMS sudah dua kali mengalami kekalahan, ini harus dapat ditebus," ujarnya.

Lebih jauh Raja Isa mengatakan, dalam menghadapi lawan Mitra Kukar itu, tim tersebut tidak bisa menurunkan tiga pemain asing yang mereka kontrak.

Namun, sebaliknya, PSMS bisa menurunkan keempat pemain asing yang telah dikontrak tersebut.

Ketika ditanya mengenai kedatangan dua pemain naturalisasi untuk memperkuat barisan PSMS, Raja Isa mengatakan sangat menyambut baik, namun sampai saat ini belum melihat bagaimana permainan mereka.

"Kita akan tes nantinya kemampuan mereka, sebelum bergabung dengan PSMS.Kalau bagus akan kita manfaatkan," tegas pelatih warga negara Malaysia itu.

Sementara itu, Asisten pelatih Mitra Kukar FC, Arif Yanto mengaku memang belum diperbolehkan menurunkan tiga pemain asing mereka dalam menghadapi tuan rumah PSMS.

Namun demikian, menurut dia, pihaknya juga telah menyiapkan pengganti ketiga pemain asing yang belum bisa diturunkan itu.Ketiga pemain asing yang tidak bisa diturunkan itu, yakni Marcus Bent (Inggris), Nemanja Obric (Siberia) dan Lie Sang Min (Korea Selatan) karena International Transfer Certificate (ITC) belum dikeluarkan organisasi sepak bola dunia.

Ia mengatakan, pemain lokal yang akan diturunkan itu cukup terkenal, yakni Saktiawan sinaga mantan pemain PSMS, Ahmad Bustomi dan Hamka Hamzah.

Pemain lokal ini nantinya diharapkan mampu menghadapi tim PSMS.

"Kita juga bertekad bisa mengimbangi permainan tim tuan rumah itu, dan sekaligus memetik angka," kata Yanto. (M034/A020)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011