Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 135 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia menghadiri kegiatan konvensi kampus VIII di Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang digelar 2-4 Desember 2011 .

Rektor Universitas Haluoleo, Prof Usman Rianse, di Kendari, Jumat (2/12) malam, usai acara pembukaan kegiatan itu mengatakan, perguruan tinggi yang hadir tersebut terdiri universitas negeri sekitar 55 persen dan universitas swasta sekitar 45 persen.

Menurut Usman Rianse, kegiatan ini bukan hanya kebanggaan bagi Universitas Haluoleo, tetapi sesuatu yang luar biasa bagi Sultra secara keseluruhan.

"Ini sebuah kebanggan bagi kita, karena Universitas Haluoleo dipercaya untuk melaksanakan kegiatan ini," kata Unsman Rianse.

Menurutnya, kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan temu tahunan forum rektor Indonesia (FRI) XIV.

"Intinya, kita tidak boleh merasa tinggi dari universitas lain di Indonesia, dan tidak boleh juga kita merasa rendah dari universitas lain," katanya.

Ia mengatakan, ke depan harus diupayakan agar tidak ada lagi kesenjangan kualitas universitas antara kawasan timur Idonesia dan kawasan barat Indonesia.

"Kegiatan ini akan diisi berbagai kegiatan diantaranya adalah seminar dengan pemateri dari kementerian pendidikan dalam hal ini akan dibawakan langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan RI," ujarnya.

Menurut Usman, bukan hanya perwakilan dari masing-masing universitas di Indonesia, tetapi dihadiri pula oleh rektor masing-masing universtas tersebut.
(ANT-299/A035)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011