Untuk itu sangat penting juga bagi semua dosen USU terus meningkatkan kualitasnya
Medan (ANTARA) - Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Muryanto Amin menyebutkan pemeringkatan universitas menjadi sangat penting untuk dikembangkan terus menerus demi terciptanya universitas yang berkualitas.

"Untuk itu sangat penting juga bagi semua dosen USU terus meningkatkan kualitasnya," katanya di Medan, Sabtu.

Untuk itu ia memberikan arahan kepada para dosen di perguruan tinggi negeri itu untuk meningkatkan kualitas mereka melalui berbagai media dan tidak lupa juga untuk terus melakukan penelitian sesuai dengan bidang masing-masing.

Menurut Rektor USU, kegiatan ini menjadi penyegaran dan pengingat bagi dosen muda akan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki standar.

Baca juga: USU fokus tiga poin penting menuju universitas berkelas dunia

Dosen diharuskan untuk dapat menyeimbangkan antara tugas pokoknya yaitu mengajar secara inovatif dengan melaksanakan riset dan juga publikasi, yang dapat berdampak pada pemeringkatan universitas.

Ia mengatakan adanya perubahan kebijakan yang menuntut perguruan tinggi dalam memenuhi tanggung jawabnya secara seimbang menjadi hal esensial yang perlu disampaikan.

Perbaikan tata Kelola perguruan tinggi di Indonesia, menurutnya, berbeda dengan negara lain dalam melakukan pengelolaan sumber daya dosen. Indonesia juga diharapkan melakukan perubahan dengan lebih baik lagi, sehingga mempengaruhi mutu pendidikan.

"Kegiatan pengarahan ini selanjutnya akan diselenggarakan di seluruh fakultas dan program studi yang ada di USU, sehingga dapat menciptakan pengembangan SDM USU yang berkualitas," kata Prof Muryanto Amin.

Baca juga: Universitas Sumatera Utara kukuhkan lima guru besar  

Salah seorang dosen muda USU Sony Eka Nugraha mengatakan arahan dan bimbingan sangat penting, mengingat banyaknya masukan dari Rektor USU mengenai Key Performance Indicator (KPI), khususnya bagi dosen muda.

Ia berharap USU dapat bahu membahu dalam mencapai tujuan peningkatan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga akan berdampak pada peringkat USU secara Internasional juga.

"Semoga ke depannya ada perkembangan SDM USU, seperti bantuan sekolah lanjutan, yang akan meningkatkan kualitas dosen yang ada di USU," katanya.

Baca juga: Rektor USU ajak alumni di AS sukseskan program internasional
Baca juga: Rektor USU paparkan peluang industri EBT bagi lulusan perguruan tinggi

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024