Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) menerima sebanyak 2.244 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) pada tahun akademik 2024/2025.

Wakil Rektor I USU Dr Edy Ikhsan di Medan, Rabu, mengatakan informasi pengumuman hasil SNBP tahun 2024 telah dikeluarkan oleh Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN 2024 Kemendikbudristek. Para siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia yang telah mendaftar SNBP dapat melihat secara langsung di laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Pada pengumuman tersebut, USU menempati peringkat ke-4 jumlah pendaftar terbanyak jalur SNBP se-Indonesia, yakni 31.351 orang. Di mana pada tahun sebelumnya, USU menempati posisi 7 dengan jumlah pendaftar 21.116 orang. Data tersebut menempatkan USU dalam jajaran 20 besar PTN dengan total penerimaan peserta lulus terbanyak untuk jalur SNBP 2024.

"Dari 31.351 pendaftar melalui jalur SNBP, sebanyak 2.244 pendaftar dinyatakan lulus masuk USU," katanya.

Baca juga: Unair terima 1.895 calon mahasiswa baru lewat jalur SNBP

Sementara itu, jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah untuk jalur SNBP tahun 2024 berjumlah 741 orang, atau sekitar 33 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur ini.

Pada tahun sebelumnya, USU hanya menerima 709 orang mahasiswa baru dari jalur KIP Kuliah atau 30 persen dari total mahasiswa yang diterima saat itu.

Kepada para calon mahasiswa yang telah berhasil lulus melalui jalur SNBP 2024, ia ucapkan selamat bergabung di USU dan bagii peserta yang belum lulus diharapkan agar tidak berkecil hati dan menyerah.

"Untuk yang belum lulus melalui jalur SNBP, jangan patah semangat. Masih bisa mencoba ikut seleksi pada jalur lain, yakni SNBT dan Mandiri. Saat ini USU sudah membuka sub panitia lokal Gunung Sitoli dan sub panitia lokal Teluk Dalam di Nias, untuk membantu putra-putri Nias mengikuti UTBK, sehingga akses ujian tidak perlu jauh-jauh ke Medan," katanya.

Baca juga: Unsri Palembang terima 1.749 calon mahasiswa baru melalui SNBP

Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Amalia Meutia mengingatkan mahasiswa yang diterima pada jalur SNBP tahun 2024 agar dapat memperhatikan tahapan penting selanjutnya.

Ia menyebutkan proses pendaftaran ulang dan melengkapi berkas menjadi hal yang jangan sampai terabaikan seluruh persyaratannya. Pendaftaran ulang berupa pengisian data pokok dan unggah berkas dapat dilakukan secara online melalui website https://registrasi.usu.ac.id mulai tanggal 28 Maret sampai dengan 5 April 2024.

"Kepada calon mahasiswa baru yang berhasil lulus melalui jalur SNBP, kami ucapkan selamat bergabung dalam keluarga besar USU. Kemudian tolong diperhatikan dengan saksama detail tahapan yang harus dilakukan selanjutnya, tenggat waktu serta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dicatat seluruh tanggal pentingnya, agar tidak ada yang terlewatkan. Karena jika sampai terabaikan, risikonya status kelulusan peserta dapat gugur," kata Amalia.

Ia juga mengingatkan bahwa pengisian data kelengkapan UKT dapat dilakukan setelah pengisian data pokok pada website https://registrasi.usu.ac.id difinalisasi (submit) oleh calon mahasiswa baru. Pengisian data UKT dan unggah berkas kelengkapan UKT dapat dilakukan melalui website https://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal di atas.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut 126.421 orang lulus SNBP PTN akademik

Amalia juga menegaskan untuk peserta yang telah dinyatakan lulus SNBP 2024 tidak dapat mendaftar pada jalur UTBK-SNBT 2024 maupun Seleksi Mandiri di PTN manapun.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024