Medan (ANTARA) - Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kolaborasi dengan University of Melbourne Australia dalam program pertukaran dosen dan mahasiswa sebagai upaya meningkatkan kualitas pengajar dan mahasiswa.

Rektor USU Muryanto Amin dalam keterangan di Medan,Sabtu, mengatakan terkait dengan program tersebut, kedua pihak sudah bersama-sama membicarakan, sedangkan kolaborasi dengan University of Melbourne akan menjadi yang pertama bagi USU.

Berdasarkan pertemuan tersebut, program pertukaran dosen dan mahasiswa dari USU ke University of Melbourne dan sebaliknya dimulai tahun ini.

Sebelum program tersebut dijalankan, pihaknya terlebih dahulu melakukan pembahasan untuk menetapkan persyaratan mahasiswa untuk belajar satu semester di University of Melbourne dan bagi dosen dipersiapkan meningkatkan metode pembelajaran kolaboratif atau studi kasus.

"Selain itu, University of Melbourne juga akan mengirim dosen dan mahasiswa ke USU untuk mendalami tema multikulturalisme, kesehatan tropis, pediatri, dan mangrove," katanya.

Baca juga: Unej semakin intensif kerja sama dengan perguruan tinggi di Jerman

Ia menjelaskan USU dan University of Melbourne akan memulai pertukaran program di mana setelah antardosen dan peneliti mempunyai komitmen kuat maka mereka bisa melakukan riset atau publikasi bersama.

"Kami juga membahas potensi penyelenggaraan joint/double degree setelah terbentuk academic sphare di antara kedua kampus," katanya.

Ass Deputy Vice-Chancellor International University of Mellbourne Vedi menilai kerja sama itu sebagai bagi kedua universitas, sebab University of Mellbourne saat ini tengah menjadi international-cosmopolitan university.

"University of Mellbourne juga terus berkomitmen membangun program studi khususnya untuk mahasiswa internasional yang memiliki latar budaya yang berbeda. Karenanya, University of Mellobourne sangat terbuka untuk mulai bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara," katanya.

Pihaknya juga menyatakan tertarik bekerja sama di bidang kesehatan tropis dan penelitian hutan mangrove karena dua tema itu menjadi bidang kajian prioritas yang saat ini tengah dikembangkan.

Pihaknya akan mengirimkan mahasiswa ke USU, sedangkan pembahasan teknis seluruh persyaratan akan dilakukan antara Mis Julie Fam (Manager International Partnerships UniMelb) dengan tim dari USU.

"Kami juga akan sangat terbuka menerima undangan dari Universitas Sumatera Utara untuk menjadi dosen tamu atau pembicara utama dalam seminar-seminar yang diadakan oleh Universitas Sumatera Utara," katanya.

Baca juga: KBRI gelar pertemuan perguruan tinggi RI-Australia jajaki kerja sama
Baca juga: UI jalin 595 kerja sama dengan 370 perguruan tinggi di dunia
Baca juga: Schneider Electric dan 15 politeknik kerja sama kembangkan SDM energi

Pewarta: Juraidi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024