Medan (ANTARA) - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar bimbingan teknis penulisan esai sebagai upaya mengedukasi mahasiswa dalam persiapan kompetisi nasional.

Dekan FIB USU Prof T. Thyrhaya Zein di Medan, Sabtu, mengatakan bimtek penulisan esai yang digelar oleh Prodi Sastra Indonesia tersebut sangat positif kerana akan mendorong mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional.

Dengan demikian sasaran target Indikator Kinerja Utama (IKU) 2 pada program studi akan terus meningkat. Karena jika IKU 2 program studi meningkat, otomatis IKU fakultas juga meningkat dan secara khusus akan berkontribusi pada peningkatan IKU 2 di Universitas Sumatera Utara.

"Karenanya para mahasiswa yang mengikuti bimtek diharapkan dapat menyerap dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber, sebab kompetisi menulis esai bukan hanya sekadar menuliskan, namun juga harus dipahami bagaimana templatenya, aturan dan tata cara penyusunan, dan yang tak kalah penting apa ide yang mau disampaikan," katanya.

Baca juga: USU matangkan persiapan KKN internasional

Baca juga: USU pameran di Australia demi perkuat program internasionalisasi


Ia juga menegaskan bahwa FIB USU berkomitmen untuk meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa dalam ajang perlombaan nasional khususnya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.

Karenanya pihak fakultas akan senantiasa mensosialisasikan terkait info-info perlombaan skala nasional agar bisa diikuti oleh mahasiswa.

"Apa yang dilakukan Prodi Sastra Indonesia adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan jumlah prestasi mahasiswa kita, terima kasih kepada Prodi Sastra Indonesia yang telah menggelar acara ini dan semoga hasilnya nanti bisa sesuai dengan harapan kita bersama," katanya.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB USU, Dr. Dwi Widayati mengatakan kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa itu memang dimaksudkan untuk mendorong dan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat mengikuti perlombaan esai di tingkat nasional.

"Esai memadukan fakta dan opini, serta mengekspresikan gagasan, argumen, dan emosi penulis dengan cara yang personal dan kreatif," katanya.

Dengan bimtek itu, mahasiswa diharapkan dapat menyimak dan berlatih bagaimana mengekspresikan gagasan, ide secara kreatif untuk persiapan menghadapi kompetisi berskala nasional.

"Kita berharap mahasiswa yang menjadi peserta bimtek Penulisan Esai kali ini dapat lebih semangat dalam mengikuti perlombaan-perlombaan yang selalu ada dalam program USU, Kemendikbud atau instansi lainnya," katanya.

Sementara Suyadi M.Si dari Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas BRIN yang tampil sebagai narasumber dalam pemaparan materi antara lain mengulas tentang teknis penulisan esai yang baik dan benar.

Poin utama yang ia sampaikan adalah bagaimana mahasiswa harus mampu menguasai topik yang diinginkan dalam penulisan esai.

"Riset dan pengumpulan data yang faktual menjadi penting untuk memperkuat argumentasi," katanya.*

Baca juga: The HEAD Foundation jajaki kerja sama dengan USU 

Baca juga: USU-University of Melbourne kolaborasi program pertukaran mahasiswa 

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024