Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan enam wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) masuk kategori waspada terdampak hujan lebat.

"BMKG mengeluarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat di wilayah Sulawesi Utara hingga 29 April 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Berdasarkan informasi terkini dinamika cuaca untuk wilayah Sulawesi Utara, masyarakat diharapkan agar berhati-hati terhadap potensi wilayah terdampak hujan lebat.

Baca juga: BMKG: Mayoritas wilayah di Indonesia berpotensi alami hujan lebat

Wilayah kabupaten dan kota yang berada dalam kategori waspada yaitu wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Dampak yang bisa ditimbulkan dalam kondisi seperti ini yaitu jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Baca juga: Sebagian besar wilayah Jakarta diguyur hujan hingga Sabtu malam

Selanjutnya, volume aliran sungai meningkat/banjir serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Masyarakat yang berada di wilayah waspada dampak hujan lebat dapat melakukan beberapa hal seperti berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

Baca juga: Hujan petir hingga berawan dominasi kondisi cuaca di Indonesia

"Masyarakat hendaknya tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan," ujarnya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024