Nyon, Swiss (ANTARA News) - Hukuman striker Inggris Wayne Rooney pada babak final Euro 2012 dikurangi dari tiga menjadi dua pertandingan, menyusul banding pada dengar pendapat yang diadakan UEFA, Kamis.

Striker berusia 26 tahun dari Manchester United itu sebelumnya dihukum tiga pertandingan karena menendang lawannya Miodrag Dzudovic pada penyisihan akhir melawan Montenegro, Oktober lalu.

"Hukuman tiga pertandingan itu seusai dengan perbuatan Wayne Rooney tetapi hukuman ketiga dibatalkan dan ia dapat turun lapangan pada laga grup terakhir kejuaraan Eropa melawan Ukraina," kata direktur manajer Club England, Adrian Bevington kepada wartawan di markas besar UEFA.

"Hukumannya efektif untuk dua pertandingan," katanya dengan menambahkan, "Saya gembira dengan jalannya dengar pendapat UEFA, saya senang dengan hasil pertemuan hari ini."

Rooney dan pelatih tim nasional Inggris Fabio Capello ikut dalam dengar pendapat itu.

Rooney akan absen ketika Inggris melawan Prancis pada laga Grup D di Donetsk pada 11 Juni dan lawan Swedia di Kiev pada 15 Juni, namun dapat turun lapangan melawan tuan rumah bersama Ukraina pada laga terakhir grup di Donetsk pada 19 Juni.

(A008/A011)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011