Madrid (ANTARA News) - Dua gol yang diciptakan Roberto Soldado membuat golnya menjadi 11 pada kompetisi Liga Spanyol (La Liga) musim ini, setelah Minggu malam memenangkan Valencia 2-0 atas Malaga. Posisi mereka tetap di urutan ketiga dalam perburuan tempat ke kompetisi Liga Champions.

Valencia kini mengantongi 33 poin, empat angka di bawah Barcelona dan tujuh di bawah pimpinan klasemen Real Madrid, yang mengalahkan Sevilla 6-2 Sabtu dan mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen.

Malaga kehilangan kesempatan pada pertandingan itu, salah satunya karena hebatnya Joaquin Sanchez yang tampil amat berbahaya sepanjang pertandingan.

Soldado tampil amat tangguh dan semakin memiliki kesempatan untuk dipanggil ke dalam tim nasional Spanyol pada tahun baru mendatang, terlebih pemain inti David Villa harus beristirahat selama lima bulan karena mengalami cedera kaki.

Gol pertamanya diawali dengan umpan lambung yang bagus dari Jonas Gocalves yang lolos dari barisan bertahan Malaga, kemudian bola diteruskan keapda Soldado yang dengan cepat menggempur gawang yang dijaga Willy Caballero, sehingga membuka kebuntuan angka pada menit ke-36.

Gol keduanya lahir pada menit ke-61 setelah mendapat umpan panjang dari sisi kiri yang dilayangkan Jordi Alba yang menggiring bola sendirian dengan kencang.

Soldado nyaris menciptakan hatrik 10 menit menjelang pertandingan usai ketika melesatkan bola ke mulut gawang, namun tepat ke arah posisi Caballero.

Dengan kekalahan itu, berarti Malaga turun ke urutan ketujuh dan tidak berhasil mengikuti kompetisi Piala Eropa.

Levante tetap berada di urutan keempat setelah kalah 1-2 di Granada.

Granada beruntung karena mendapat hadiah tendangan penalti menit ke-35 setelah wasit melihat Jose Barkero memegang bola dalam kotak penalti.

Guilherme Siqueira dengan tenang menendang bola dari titik putih dan Abel Gomez menggandakanya pada babak berikutnya, dengan merebut bola yang melenting dari tiang gawang saat Odion Ighalo mencoba mengancam penjaga gawang.

Levante mempertipis kekalahan mereka ketika Arouna Kone mencetak angka dari jarak dekat pada menit ke-60, tapi Granada bertahan hingga pluit panjang berbunyi dan dengan kemenangan itu mereka berada di urutan ke-13 klasemen sementara.

Real Betis menang 2-0 di Atletico Madrid lewat gol yang diciptakan Aejandro Pozuelo -- yang kemudian dikeluarkan dari lapangan karena mendapat dua kartu kuning -- dan Roque Santa Cruz menambah angka timnya beberapa waktu kemudian.

Hasil itu membuat semakin mengkhawatirkan nasib pelatih Atletico Gregorio Manzano, yang berusaha keras meningkatkan penampilan timnya pada musim ini.

Atletico berada di urutan ke-10, sebanyak 21 poin di bawah saingan sekota mereka, Real.

Real Madrid menang 6-2 ketika bertandang ke Sevilla Sabtu dan Cristiano Ronaldo menciptakan hatrik serta gol tambahan dari Jose Callejon, Hamit Alintop dan Angel Di Maria.

Real mengakhiri laga tahun ini dengan tiga poin di atas Barcelona -- yang meraih gelar juara Piala Dunia Klub di Jepang Minggu -- di puncak klasemen La Liga.
(A008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011