... Bunyi letusan petasan atau mercon mulai bersahutan di mana-mana, sementara cuaca sangat mendukung keriaan warga ini...
Jakarta (ANTARA News) - Beberapa jam menjelang pergantian tahun dari 2011 ke 2012, antrian panjang kendaraan roda empat yang akan memasuki kawasan parkir IRTI di Monas mulai terjadi. Walau mulai padat, polisi tetap waspada mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan yang bisa terjadi.

Antrian cukup panjang tepat di seberang Balai Kota di Kantor Gubernur DKI Jaya, di Jalan Medan Merdeka Selatan, memasuki areal parkir IRTI sekitar pukul 18.10 WIB. Bunyi letusan petasan atau mercon mulai bersahutan di mana-mana, sementara cuaca sangat mendukung keriaan warga ini.

Buntut antrian kendaraan roda empat tersebut sempat mencapai lampu pengatur lalu lintas di Bundaran Bank Indonesia. Namun demikian, aparat kepolisian di beberapa tempat di areal Monas yang siap "mencairkan" kepadatan di kawasan tersebut.

Kepadatan di sekitar Tugu Pejuang (lazim dikenal Tugu Tani) mulai terasa, namun aparat kepolisian tampak sudah berjaga di daerah tersebut. Mayoritas warga Ibukota yang melintas di kawasan tersebut menggunakan kendaraan roda dua, dan mengarah ke Monumen Nasional.

Sementara itu, warga Ibukota lain yang juga sudah terlihat "mengelilingi" kawasan Monas adalah para pedang kaki lima, mulai dari penjual minuman, makanan, hingga penjual terompet. Mereka berjajar di sekitar kawasan pusat kota Jakarta.

Para pedagang kaki lima ini merapat ke pedestrian mulai dari kawasan Tugu Tani, Gambir, Wisma ANTARA, Jalan Medan Merdeka Barat, kawasan M H Thamrin, hingga bundaran Hotel Indonesia.

Polda Metro Jaya telah mengerahkan 3.700 personel Polisi Lalu Lintas untuk mengatur kelancaran dan ketertiban lalu lintas khusus pada perayaan pergantian tahun 2011 ke 2012 di kawasan Jakarta.

"Sekitar 3.700 personel Polantas kita kerahkan terutama pada titik utama yakni Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol," kata Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Bonaparte Silalahi.

Kepolisian Daerah Metro Jaya memperkirakan konsentrasi massa dan tempat wisata. Rencananya pesta kembang api akan dilakukan di tiga lokasi yakni Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, dan Monas. (V002)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011