Minggu, 21 Desember 2014

Yao Ming jadi politisi

| 175 Views
id yao ming, basket, politisi
Yao Ming jadi politisi
Apa yang Yao inginkan adalah menggunakan pengaruhnya untuk melakukan perbuatan yang baik bagi masyarakat, namun bukan untuk mencari posisi politis.
Shanghai (ANTARA News/AFP) - Tidak puas dengan memiliki tim bola basket, mempelajari bisnis, dan membuat anggur, mantan bintang NBA asal Cina, Yao Ming kini menjadi penasehat legislatif termuda - dan tertinggi - di Shanghai.

Yao (31) secara formal telah menerima jabatan sebagai anggota badan penasehat legislator Shanghai pada akhir pekan lalu - suatu posisi yang membuat dirinya berhak mengajukan proposal mengenai undang-undang baru - demikian dilaporkan oleh Daily China.

Sebuah foto yang dicetak oleh surat kabar tersebut memperlihatkan Yao di depan beberapa anggota terpilih badan penasehat - ini adalah pekerjaan terbaru Yao sejak pensiun dari Houston Rockets pada Juli.

"Mengajukan proposal-proposal adalah urusan yang sangat serius, dan saya tidak ingin terburu-buru," demikian kutipan kata-kata Yao.

Sejak Juli, Yao memiliki jadwal padat termasuk kembali ke bangku kuliah untuk mempelajari manajemen bisnis, dan membantu mengurus Shanghai Sharks, tim bola basket asal Cina.

Pada November, ia juga mendirikan perusahaan untuk menjual minuman anggur dengan mereknya sendiri, dengan menggunakan anggur dari lembah Napa di California yang sangat terkenal, dan peran barunya di dunia politik dikhawatirkan akan menyulitkan Yao untuk berkonsentrasi.

Namun Zhang Chi, juru bicara Shanghai Sharks, menepis kekhawatiran tersebut.

"Kami dapat percaya kalau dirinya dapat menyeimbangkan semua aspek dari pekerjaan dan studinya, serta melakukan pekerjaan ini dengan baik," ucapnya.

"Apa yang Yao inginkan adalah menggunakan pengaruhnya untuk melakukan perbuatan yang baik bagi masyarakat, namun bukan untuk mencari posisi politis," katanya.

Rumor yang berkembang di dunia maya mengatakan kalau Yao gagal pada ujian terakhirnya di bidang matematika lanjutan di Universitas Jiaotong Shanghai, di mana ia masuk ke kampus tersebut pada musim gugur, dengan hanya mendapat skor 38 dari 100 - klaim yang dibantah oleh tim manajemennya.

"Yao percaya kalau nilai ujiannya adalah urusan pribadi dan tidak ingin memberitahukannya. Namun tentu saja itu bukan 38," kata juru bicara pribadi Yao, Zhang Mingji, yang dikutip Shanghai Daily.

Yao adalah bintang olahraga global pertama dari Cina, dengan nilai pribadi yang senilai lebih dari satu juta miliar.

(RF)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga