Sabtu, 25 Oktober 2014

Lampung Barat harapkan investor dirikan pabrik kopi

| 12.992 Views
id Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri, kopi lampung
Bandarlampung (ANTARA News)   - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengharapkan investor menanamkan modalnya dengan mendirikan pabrik kopi bubuk mengingat daerah itu merupakan sentra perkebunan kopi.

"Pabrik kopi perlu didirikan di Lampung Barat mengingat daerah itu merupakan sentra perkebunan kopi dan produksinya cukup melimpah. Sehingga daerah itu nantinya tidak hanya dikenal sebagai penghasil biji kopi tetapi juga hasil olahan dari pabrik kopinya," kata Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri di Bandarlampung, Sabtu.

Terkait perizinan, pihaknya akan memberikan kemudahan dengan memberikan insentif pengurusan izin yang tidak berlarut-larut dan tanpa dikenakan biaya.

Di sisi lain Bupati Lampung Barat itu juga menginginkan di Lampung Barat terdapat pelabuhan dengan klasifikasi internasional sehingga ekspor komoditas asal daerah itu terutama kopi dapat dilakukan dari sana.

"Jika ada pelabuhan hasil komoditas ekspor tidak perlu lagi melalui Pelabuhan Panjang, tapi cukup dari Lampung Barat," kata dia.

Sementara itu, pengusaha atau eksportir kopi Lampung menyambut baik keinginan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat itu yang berharap investor mau mendirikan pabrik kopi di daerah tersebut.

Ketua Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Lampung, Sumita mengatakan, keinginan Bupati Lampung Barat agar pengusaha dapat mendirikan pabrik kopi dan pelabuhan internasional di daerah itu patut didukung.

"Lampung Barat merupakan penghasil kopi terbesar di Lampung, keinginan mendirikan pelabuhan ekspor-impor dan pabrik kopi harus diapresiasi," kata dia.

Areal kopi di Lampung mencapai 163.837 hektare dengan produksi kopi mencapai sekitar 140 ribu ton per tahun.
(A054)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga