Jakarta (ANTARA) - DKI Jakarta menjadi tuan rumah lomba panco bertaraf internasional yang diikuti 125 peserta dari Indonesia, Malaysia, dan Korea Selatan memperebutkan hadiah total Rp250 juta.

"Jumlah yang besar ini menjadikan Vier World Arm Wrestling 2022 sebagai kompetisi panco dengan hadiah terbesar di Indonesia," kata pelaksana lomba Vier Abdul Jamal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Wulan Guritno dan Hana Malasan adu panco, siapa terkuat?

Menurut Jamal, ratusan peserta itu turun pada empat nomor, antara lain kategori pemula dan profesional yang dilaksanakan oleh Vier Corporation Limited di Teater Bulungan, Jakarta Selatan, 1-2 Oktober 2022.

Jamal menjelaskan ajang itu diadakan atas keprihatinannya terkait konten negatif di media sosial.

Konten negatif di media sosial mengikis sifat asli orang Indonesia yang dikenal ramah dan gotong royong berubah menjadi mudah sekali saling membenci padahal tidak saling mengenal.

"Gara-gara medsos juga, kita juga jadi senang melihat orang menderita tetapi tidak suka melihat orang senang. Itu tidak sportif. Tetapi, melalui olahraga, kita bisa belajar sportif dan tidak akan mudah benci," ucapnya.

Adapun ponco, kata Jamal, merupakan olahraga sederhana yang salah satunya menekankan kekuatan fisik dan konsentrasi, mudah dikerjakan, dan tanpa perlu lapangan besar.

Baca juga: Tika Panggabean juara panco "agustusan" (video)

Untuk menjalankannya, kata Jamal, hanya perlu niat dan mental bertarung yang sportif serta tidak memerlukan aturan dan segala macam organisasi.

"Ini seperti olahraga merakyat yang terlupakan. Saya pikir boleh juga, dalam profesi apapun yang pertama dan utama untuk dibangun lebih dulu adalah mental petarung, bukan modal atau apa pun. Persis sama panco ini, sederhana," katanya.

Mencermati animo yang besar, Jamal berencana membuat ajang itu rutin tiap dua hingga tiga kali dalam satu tahun dengan hadiah yang dijanjikan akan bertambah.

"Saya ingin menarik minat masyarakat banyak. Ini olahraga orang kuat dan bergengsi juga. Kami berharap ke depan, orang-orang kuat seperti kuli pelabuhan atau supir truk saling adu kekuatan seperti ini. Kita berharap peserta dari berbagai kalangan masuk semua," ucap pemimpin Vier Corporation Limited itu.

Baca juga: Indonesia rebut emas panco Tafisa 2016

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022