Kamis, 28 Agustus 2014

Indonesia ikuti pameran internasional MACEF Milan

Jumat, 7 September 2012 11:16 WIB | 4.653 Views
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia kembali berpartisipasi pada pameran internasional MACEF yang diselenggarakan 6 - 9 September 2012 di Milan, Italia.

Siaran Pers Kemendag yang diterima di Jakarta, Kamis menyebutkan partisipasi tahun ini merupakan hasil kerja sama dari Dekranas, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Mandiri, PT Pupuk Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II, serta KBRI di Roma, Italia.

Partisipasi Kementerian Perdagangan dalam pameran ini merupakan bentuk lanjutan komitmen untuk terus meningkatkan citra Indonesia (Nation Branding) untuk produk-produk unggulan karya bangsa secara global.

Paviliun Indonesia di MACEF 2012 yang berlokasi di Hall 10 Booth F2-F09, kembali mengangkat tema "Remarkable Indonesia" dengan konsep paviliun yaitu "Rumah Indonesia".

Rumah Indonesia adalah rumah modern yang menampilkan furnitur rotan dan pernak-pernik dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia sebagai elemen interiornya. Produksi para desainer dan perajin dari berbagai daerah ini didesain khusus dengan sentuhan desain modern dalam rangka memenuhi selera pasar internasional.

"Kami meyakini bahwa produk dekorasi rumah, interior, dan kerajinan Indonesia memiliki potensi ekspor yang luar biasa. Produk-produk dimaksud memiliki unsur bahan dasar logam, anyaman (rotan), tekstil, kaca, batu, kulit, dan serat alam/kayu yang tersebar di seluruh Indonesia," urai Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan, Pradnyawati.

Menurut Pradnyawati, sebanyak 19 perusahaan yang turut berpartisipasi dalam pameran ini menampilkan produk unggulan masing-masing yang dihasilkan dari karya cipta dan kearifan lokal yang diturunkan secara turun temurun (heritage-based) dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

"Oleh karena itu, produk yang diutamakan bersifat unik serta memiliki daya saing dan daya tarik tersendiri di pasar global. Setiap produk juga telah melalui tahap seleksi dan kurasi ketat oleh Dekranas dan Kemendag," ujar Yasmin Wirjawan selaku Ketua Bidang Pameran dan Kerja Sama Luar Negeri Dekranas.

Untuk mempromosikan kuliner Indonesia, pengunjung yang hadir di Paviliun Indonesia juga akan disuguhkan kopi dan makanan ringan khas Indonesia. Kopi yang akan disajikan dibuat langsung oleh Barista dari Morning Glory Cafe, sedangkan makanan ringan yang disuguhkan adalah aneka kacang produksi Dua Kelinci.

Partisipasi Indonesia dalam MACEF Expo 2012 ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan produk Indonesia kepada para pembeli internasional sebagai produk ramah lingkungan dengan mutu dan kualitas yang terjamin serta menjadi wadah penghubung untuk menjalin hubungan bisnis (B2B) yang sehat dan berkelanjutan antara para produsen Indonesia dengan pelaku usaha Italia maupun internasional.

Pameran MACEF merupakan salah satu pameran terkemuka di Eropa yang diselenggarakan dua kali dalam satu tahun bertempat di Fieramilano, Milan dan memamerkan produk-produk rumah tangga, perkakas gelas, keramik, bingkisan, jam, perhiasan, kerajinan tangan, meubel, desain interior dan lampu.

(D012)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga