Semua dilakukan secara online, dan bisa diakses mulai jam 13.00 siang ini. Proses pendaftaran hingga selesai, diperkirakan memakan waktu hingga 3 hari.
Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mulai membuka pendaftaran Fuel Card 5.0 sebagai alat pengendali dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite, secara daring (online) pada 26 April hingga 31 Juli 2024 di website batamfuelcard.id

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau di Batam, Jumat, mengatakan pendaftaran kartu tersebut seluruhnya dilakukan secara daring bagi pemilik kendaraan roda empat, baik untuk pendaftaran persyaratan hingga pendaftaran bank.

"Semua dilakukan secara online, dan bisa diakses mulai jam 13.00 siang ini. Proses pendaftaran hingga selesai, diperkirakan memakan waktu hingga 3 hari," kata Gustian.

Baca juga: CORE prediksi inflasi 2,5-3,5 persen pada 2024 jika harga BBM naik

Ia menyampaikan pihaknya melibatkan tiga perbankan dalam penerapan Fuel Card 5.0, yaitu PT KB Bank, PT Bank Sumut, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk terkait layanan transaksi pembayaran pengguna jenis BBM khusus penugasan (BKB) di Kota Batam.

Kata Gustian, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pola pembelian BBM jenis Pertalite menggunakan Fuel Card.

"Masyarakat bisa memilih, di mana masyarakat merasa nyaman, dipersilakan memilih di antara ketiga bank tersebut. Selain itu, di Kantor Disperindag juga disiapkan layanan untuk pembuatan Fuel Card 5.0, kami berharap hingga 31 Juli 2024 Fuel Card ini sudah selesai," kata dia.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang bingung dalam proses pendaftaran secara daring, Disperindag membuka posko layanan di sejumlah titik lokasi, yaitu di Pemkot Batam, Kantor Disperindag, BP Batam, Mega Mall, BCS mall, dan Grand Mall Batam.

Baca juga: Kilang Pertamina Plaju salurkan 148.000 KL BBM momentum Lebaran

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan penerapan Fuel Card 5.0 merupakan terobosan menuju kota pintar.

Rudi di Batam, Kamis, mengatakan inovasi layanan pembayaran yang dilakukan menggunakan Fuel Card 5.0 sebagai alat pengendali dalam pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Kota Batam.

"Kalau sekarang Pertalite, mungkin yang lainnya akan mulai menyusul menggunakan sistem teknologi juga. Saya berharap ke depan mungkin terkait sampah dan parkir, kepala dinasnya juga membuat terobosan untuk mengambil distribusi dari masyarakat menggunakan teknologi," kata Rudi.

Dalam kesempatan tersebut Pemkot Batam melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT KB Bank, PT Bank Sumut, dan PT Bank CIMB Niaga TBK, terkait layanan transaksi pembayaran pengguna jenis bahan bakar minyak khusus penugasan (JBKB) Kota Batam.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024