Saya tegaskan bahwa DPP PDIP telah memilih menjadi partai 'oposisi' pasca Pemilu 2009, sehingga seluruh kader PDIP bersepakat untuk tidak ikut dalam Kabinet Indonesia Bersatu II,"
Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) AP Batubara membantah kader PDIP Puan Maharani akan menjadi bakal calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Saya tegaskan bahwa DPP PDIP telah memilih menjadi partai 'oposisi' pasca Pemilu 2009, sehingga seluruh kader PDIP bersepakat untuk tidak ikut dalam Kabinet Indonesia Bersatu II," katanya menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Kamis sore.

Kendati demikian, kata AP Batubara yang akrab disapa AP itu, menyatakan terimakasih kepada berbagai kalangan masyarakat yang mengsuslkan kader PDIP sebagai bakal calon Menpora menggantikn Andi Malarangeng yang mengundurkan diri Menpora pada Jumat (7/12).

Anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP itu mengatakan, PDIP telah memilih sebagai partai "oposisi" atau berada di luar kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dimaksudkan agar kehidupan demokrasi di Indonesia "sehat" karena ada partai sebagai kontrol pemerintah.

Menangapi kemungkinan adanya rekonsiliasi antara PDIP dengan Partai demokrat, AP mengatakan, istilah rekonsiliasi dinilainya tidak tepat, sebab selama ini tidak ada sengketa atau "permusuhan" antara PDIP dengan Partai Demokrat.

Namun, katanya, hanya beda prinsip saja, seperti PDIP memilih sebagai "oposisi" (di luar kabinet), sedangkan Demokrat (partai pemerintah).

Menurut AP, jika Partai Demokrat ingin mengajak PDIP untuk berkoalisi dalam pemerintahan, maka Demokrat harus menerima prinsip PDIP, khususnya bersedia mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berdasarkan UUD 1945 dan nilai-nilai Pancasila.

"PDIP akan menolak ajakan koalisi yang hanya mengutamakan program ekonomi yang mengarah kapitalisme dan liberalisme, karena hal itu tidak sesuai UUD 1945 dan Pancasila," katanya.
(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012