Tokyo (ANTARA News) - Apple Incorporated memangkas hampir separuh permintaan komponen layar LCD untuk ponsel pintar iPhone 5 pada kuartal pertama 2013 seiring permintaan ponsel itu yang lemah dibanding perkiraan.

The Wall Street Journal melaporkan Apple juga memangkas permintaan sejumlah komponen selain layar dan telah mengabarkan rencana itu kepada para pemasok pada Desember 2012.

Apple, seperti dilansir Nikkei, telah meminta pemasok Japan Display Incorporated, Sharp Corporated, dan LG Display untuk memotong permintaan 65 juta unit pada awal kuartal ini.

Pabrik Japan Display di Prefektur Ishikawa mengurangi produksi sementara layar iPhone 5 antara 70 hingga 80 persen dibanding produksi pada Oktober hingga Desember 2012.

Sementara, pabrikan Sharp akan mengurangi produksi layar iPhone 5 pada Januari dan Februari 2013 sekitar 40 persen dari kuartal keempat 2012.

Namun, The Verge menyebut penurunan permintaan komponen tidak berarti penjualan iPhone 5 mengecewakan.

"Apple mungkin saja menyiapkan model baru dan telah memiliki semua komponen yang dibutuhkannya hingga peluncuran atau mengganti para pemasok komponen," sebut The Verge.
(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013