A Rafiq ikut mendirikan PAMMI dan memperjuangkan dangdut di Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi dangdut A Rafiq meninggal dunia pada usia 64 tahun karena penyakit diabetes dan jantung.

"Saya ditelpon istri A. Rafiq, beliau meninggal pukul 17.00 WIB hari ini di RS Medistra," kata Surya Aka, Ketua Bidang Humas DPP Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) kepada ANTARA News, Sabtu malam.

Surya mengatakan, dua minggu lalu para pengurus PAMMI, termasuk Ikke Nurjanah, sempat membesuk penyanyi kelahiran Semarang, 5 Maret 1948 itu.

"Kondisinya memang berat saat itu. Sebelum ini bulan April 2012, saya dan Bang Rhoma Irama juga silaturahmi ke kediaman Bang Rafiq. Waktu itu beliau sakit diabetes dan tidak bisa kemana-mana. Tapi kalau komunikasi dan ngobrol masih oke," tuturnya.

Surya mengungkapkan, PAMMI merasa kehilangan atas berpulangnya pelantun "Pandangan Pertama" itu untuk selama-lamanya.

"Sangat berduka karena A Rafiq ikut mendirikan PAMMI dan memperjuangkan dangdut di Indonesia."

A. Rafiq dikenal luas masyarakat Indonesia sebagai penyanyi dangdut terkenal pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. "Pengalaman Pertama" menjadi top hit pertengahan tahun 1978.

Bersama Raja Dangdut Rhoma Irama dan Ratu Dangdut Elvy Sukaesih, almarhum mendominasi panggung hiburan Indonesia di masanya.

Almarhum pernah studi akting di LPKJ (sekarang IKJ), dan ikut workshop tentang membuat film yang diselenggarakan TIM bersama Persatuan Artis Film Indonesia.

Anak almarhum juga yang mengikuti jejaknya, Fadila A Rafiq, Farhad A Rafiq dan Fairuz A Rafiq.

(nan)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013