Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan siap mendukung pemerintah untuk menyukseskan Pemilu 2024.

“Bapera siap membantu mensukseskan pemilu, menjaga serta membantu pemerintah mulai keamanan dan ketertiban,“ katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hal itu sampaikan Fahd di sela-sela pembukaan Jambore Nasional ke-2 Bapera dalam rangka pelatihan bela negara di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Kamis.

"Ini agenda rutin per tahun, dan tahun ini Insya Allah akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Kegiatan rutin itu diikuti ribuan anggota dari seluruh wilayah di Indonesia. Pada tahun ini jumlah peserta mencapai 3.150 peserta dari total yang mendaftar sekitar 4.000 peserta.

"Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini peserta dua kali lipat dari tahun lalu. Agendanya adalah melatih disiplin bela negara demi merah putih dengan materi pelatihan itu diisi oleh instruktur dari Brimob Polri serta TNI," ujarnya.

Fahd menegaskan tidak ada tokoh politik dalam kegiatan itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Raden Andreas Nandiwardhana mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dari 17-19 Mei 2023 dan diikuti oleh 3.100 peserta dari seluruh perwakilan provinsi, kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Kegiatan itu bertujuan untuk menyatukan rasa nasionalisme dan patriotisme di era Industri 5.0.

“Pesan yang paling utama selain memberikan rasa nasionalisme dan patriotisme juga terciptanya persaudaraan kuat sesama anak bangsa, khususnya dari Sabang sampai Merauke,” harapnya.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023